Perbedaan Aplikasi Dekstop dan Aplikasi Website

Semakin pesatnya teknologi, semakin banyak pula software yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia termasuk aplikasi dibawah ini.

Perbedaan Aplikasi Dekstop dan Aplikasi Website

Semakin pesatnya teknologi, semakin banyak pula software yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia termasuk aplikasi dibawah ini.
13  
       

Semakin pesatnya teknologi, semakin banyak pula software yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia termasuk aplikasi dibawah ini.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak (software) atau program yang beroperasi pada suatu sistem. Aplikasi diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan tugas – tugas tertentu pada berbagai media elektronik seperti handphone, komputer ataupun laptop.

Pengertian Aplikasi Desktop 

Aplikasi Desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi dalam keadaan offline, namun untuk menggunakannya harus melakukan penginstalan terlebih dahulu. Manfaat utama dari aplikasi ini yaitu memiliki efisiensi tinggi dan fleksibelitas  antarmuka pengguna (User Interface). Aplikasi berbasis desktop dapat dipastikan lebih aman, stabil, dan tidak memerlukan jaringan internet saat menggunakannya.

Pengertian Aplikasi Website

Aplikasi Website adalah suatu aplikasi yang dapat beroperasi apabila terdapat jaringan atau koneksi internet, dengan kata lain aplikasi ini hanya bisa digunakan dalam keadaan online.  Diperlukan web server seperti Chrome, Firefox, Opera, atau Internet Eksplorer. Data terpusat dan kemudahan dalam mengakses adalah ciri utama aplikasi berbasis web, sehingga aplikasi ini lebih mudah diterapkan dan banyak diminati.

 

Baca jugaPerbedaan antara Website dan Blog bagian 1

 

Perbedaan Aplikasi Desktop  dan Aplikasi Website

Perbedaan antara Aplikasi Desktop dan Aplikasi Website yang paling mendasar adalah dari bahasa pemogramannnya. Aplikasi desktop didukung oleh beberapa program seperti delphi, visual basic dan lainnya. Sedangkan, untuk bahasa pemograman aplikasi website yaitu seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan lain antara Aplikasi Desktop  dan Aplikasi Website :

  1. Aplikasi desktop tidak memerlukan koneksi internet, sedangkan aplikasi website memerlukan jaringan internet.
  2. Aplikasi desktop dapat beroperasi tanpa menggunakan browser, sedangkan aplikasi website memerlukan browser agar dapat beroperasi.
  3. Pengaturan aplikasi desktop dapat dengan mudah dimodifikasi.
  4. Aplikasi desktop harus melakukan penginstalan terlebih dahulu sebelum digunakan, sedangkan aplikasi website dapat digunakan dimanapun dan kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
  5. Aplikasi desktop bermasalah dengan lisensi (hak cipta), sedangkan aplikasi website tidak memerlukan lisensi dalam penggunaannya karena lisensi menjadi tanggung jawab penyedia aplikasi.
  6. Aplikasi website dapat dijalankan di sistem operasi manapun yang memiliki browser.
  7. Aplikasi desktop tidak dapat diakses di komputer lain apabila aplikasi belum terinstal, sedangkan aplikasi website dapat diakses di media elektronik manapun yang sudah sesuai standar.
  8. Aplikasi desktop memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi, sedangkan aplikasi website tidak memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi karena sebagian besar prosesnya dilakukan oleh web server.

Demikian artikel Perbedaan Aplikasi Desktop dan Aplikasi Website ini saya buat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami dan mengetahui perbedaan dari kedua aplikasi tersebut. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>