Perbedaan antara Website dan Blog bagian 1

Sebelum lebih jauh tentang website, kita harus mengetahui apa internet dulu. Yuk mari simak!
14  
       

Ketika kita berselancar di internet, buka facebook atau baca berita yang menarik tentang kejadian hari ini. Pasti kalau ada orang menanyakan dapat darimana beritanya, pasti akan bilang dari INTERNET. Begitu juga dengan website, website itu apasih? internetkah? blog kah? atau yang seperti itu Blog! Belum tentu, jadi sebelum lebih jauh tentang semua itu, maka kita harus mengetahui apa internet dulu. Yuk mari kita simak paparanya!

Jadi apa sih yang disebut internet?

Internet adalah suatu jaringan yang terhubung satu sama lain diseluruh dunia bahkan sampai luar angkasa. Dari jaringan inilah kemudian kita dapat bertukar informasi. Internet ditemukan pada tahun 1969 oleh Badan Pertahanan dan Riset (DARPA). Kala itu, DARPA mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Hubungan Internet dan Website

Pada tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah untuk internet. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web. Worl Wide Web saat ini dikenal dengan website. Ohh berarti alamat internet yang ada www nya itu berarti sebuah web ya? tepat sekali!

Kehadiran Web Browser Pertama

Setelah hampir 2 tahun berjalan sejak WWW ditemukan, pada tahun 1992 komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer. Coba bayangkan, ada berapa banyak konten disana. Dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Seketika Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama search engine raksasa Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Untuk mengunjungi situs web, kita harus tahu alamatnya bukan? Mari kita jelaskan sedikit tentang pengalamatan situs web di internet.

Alamat situs web di Internet

Pada dasarnya, alamat dari sebuah jaringan adalah IP Address. Karena nomor IP sulit untuk dihafalkan, maka lahirlah sebuah alias atau penamaan dari IP address yang disebut HOSTNAME. Hostname ini lahir dari Domain name, host name itu bagian dari domain name. Maka sekarang akan ada yang disebut dengan TLD atau third level domain. Domain level ke 3 itu seperti .com (Dot kom), .net, .id, dan sebagainya.

Setelah kita tahu TLD, maka kita akan langsung tahu tentang HOSTNAME. Hostname ini merupakan nama yang sebelum TLD-nya. contoh nyingspot.com, .com adalah TLD nya sedangkan HOSTNAME nya adalah nyingspot. Kemudian sebelum nyingspot.com ada www nya kan? iya itu menandakan bahwa hostname nyingspot ini menyediakan www untuk pertukaran informasinya, jadi bisa dikonsumsi oleh pengguna melalui web browser. www ini pun disebut dengan subdomain atau nama domain yang dibuat untuk menempel pada hostnamenya.

Contoh alamat situs web

Dalam jaringan internet, satu hostname memiliki banyak sekali konten. Contoh yang paling simple itu adalah CPANEL hosting. Memang tidak semuanya menggunakan CPANEL, namun CPANEL ini dapat diakses dengan cara menambahak subdomain cpanel ke hostname nya atau membuka port tertentu pada domainya.

contoh:

https://www.nyingspot.com:2083

ini akan sama terjadi jika membuka

cpanel.nyingspot.com

Kesimpulan

Setelah melihat hubungan antara internet, pengalamatan internet, nama domain, dan subdomain. Pasti pernah lihat nama subdomain blog.example.com, itu sudah bisa dipastikan bahwa isi dari website itu adalah blog.

Jadi gimana? sudah terbayang, mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya.