Biografi Singkat Elon Musk, Pendiri Tesla dan SpaceX yang Bermimpi untuk ke Mars

Nama Elon Musk mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun dalam dunia teknologi ia merupakan orang yang cukup berpengaruh.

Biografi Singkat Elon Musk, Pendiri Tesla dan SpaceX yang Bermimpi untuk ke Mars

Nama Elon Musk mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun dalam dunia teknologi ia merupakan orang yang cukup berpengaruh.
60  
       

Nama Elon Musk mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun dalam dunia teknologi ia merupakan orang yang cukup berpengaruh.

Siapakah Elon Musk?

Elon Reeve Musk adalah seorang pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan, pada 28 Juni 1971. Ia dikenal sebagai seorang tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serika yang juga merupakan pendiri CTO, CEO SpaceX, CEO dan arsitek produk Tesla, pendiri The Boring Company dan Neuralink, dan juga ikut berpartisipasi dalam berdirinya PayPal. Musk memiliki tiga kewarganegaraan yaitu Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.

Musk adalah pendiri beberapa perusahaan populer, termasuk SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa, Tesla Inc yang bergerak di bidang otomotif, Open Al, SolarCity, Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya. Karena keterlibatannya di berbagai perusahaan besar tersebut, pada bulan April 2021, kekayaan Musk ditaksir mencapai USD 147,3 Miliar atau setara dengan Rp 2.113 Triliun.

 

Baca Juga: Harga Bitcoin Anjlok Setelah Cuitan Singkat Elon Musk, Apa Penyebabnya?

 

Latar Belakang Elon Musk

Elon Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan. Ayah Musk, Errol Musk, adalah seseorang yang berasal dari Afrika Selatan, ia merupakan seorang ahli elektromekanika, pilot, dan pelaut,  sementara ibunya, Maye Musk, merupakan seorang model dari Regina, Saskatchewan, Kanada.

Ia memiliki seorang adil laki – laki bernama Kimbal yang lahir pada tahun 1972 dan juga adik perempuan bernama Tosca yang lahir pada tahun 1974. Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1980, Musk tinggal bersama ayahnya di Pretoria.

Sejak kecil, Musk sangat senang membaca dan belajar. Pada usia 10 tahun, ia mulai tertarik mempelajari teknik komputer. Pada usia 12 tahun, ia belajar pemrograman  dan berhasil membuat serta menjual kode komputer pada majalah komputer untuk sebuah gim yang ia beri nama Blastar dengan harga $500.

Musk lulus dari Pretoria Boys High School dan pindah ke Kanada tahun 1989, pada usia 17 tahun untuk menghindari wajib militer di Afrika Selatan. Ia melanjutkan pendidikannya di  Queen’s University, Kingston, Ontario, sampai tahun 1992. Kemudian, Musk pindah ke Wharton School di University of Pennsylvania dan memperoleh gelar S1 dalam bidang Ekonomi dan Fisika. Ia kemudian pindah ke California untuk mengejar gelar PhD  dalam bidang fisika terapan di Stanford University, namun keluar setelah dua hari demi mengejar keinginannya untuk mengeksplor sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

Perusahaan – Perusahaan yang Didirikan oleh Elon Musk

Beberapa perusahaan yang telah didirikan oleh Musk antara lain sebagai berikut :

  • Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis untuk surat kabar online.
  • X.com dan PayPal, sebuah perusahaan yang beridiri pada bulan Maret 1999. Perusahaan ini bergerak dalam bidang layanan keuangan.
  • Space Exploration Technologies (SpaceX), sebuah perusahaan yang berdiri pada bulan Juni 2002. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa sekaligus untuk memajukan teknologi roket dengan biaya yang relatif lebih murah dari perusahaan lainnya.
  • Tesla Motors, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Contoh produk yang telah dihasilkan yaitu mobil sport listrik dan Tesla Roadster.
  • SolarCity, sebuah perusahaan yang dibuat untuk melawan pemanasan global. Perusahaan ini merupakan penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat.
  • Hyperloop, sebuah perusahaan yang didirikan untuk membuat mode transportasi baru yang akan menghubungkan wilayah Los Angeles Raya dan wilayah Teluk San Fransisco dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit.
  • OpenAl, sebuah perusahaan yang berdiri pada bulan Desember 2015. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan kecerdasan umum buatan dengan cara yang aman dan bermanfaat bagi manusia.
  • Neuralink, sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2016. Neuralink adalah sebuah Neuroteknologi perusahaan startup untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan. Perusahaan ini berpusat pada menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan di otak manusia, dengan tujuan akhirnya membantu manusia bergabung dengan perangkat lunak dan mengimbangi kemajuan dalam kecerdasan buatan.
  • The Boring Company, sebuah perusahaan yang didirikan untuk membuat terowongan. Terowongan pertama akan dimulai di kampus SpaceX.

Demikian beberapa informasi mengenai Elon Musk yang diperoleh dari berbagai media informasi. Semoga dapat membantu Anda agar lebih mengenal dan mengehaui tokoh dunia teknologi Elon Musk. Sekian dan terima kasih.

  • Baca juga:

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>