Pentingnya SEO untuk Menentukan Kualitas Website

Dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO, tentu website akan mudah mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian.
30  
       

Dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO, tentu website akan mudah mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian.

Pengertian SEO

Search Enginee Optimization (SEO) adalah upaya mencapai hasil ideal (optimasi) website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google. Dengan mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, potensi organic traffic akan meningkat. Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga dapat membantu untuk mendapatkan trafik yang tepat dan sesuai dengan tujuan website. Namun untuk mendapatkan trafik tersebut, diharuskan untuk mematuhi dan mengikuti seluruh aturan – aturan yang telah ditetapkan oleh Google. Google digunakan sebagai mesin pencari utama dikarenakan search engine yang lain berpusat pada Google.

 

Baca jugaKisah Seorang Pendiri Microsoft

 

Pengertian Oganic Traffic (Trafik Organik)

Trafik organik adalah lalu lintas dari pengunjung yang masuk ke website melalui pencarian inisiatif sendiri (organik), bukan dari iklan – iklan berbayar. Pencarian organik dalam hal ini adalah pengunjung yang mengetikkan kata kunci di mesin pencari seperti Google, lalu menemukan website dan mengunjunginya.

Jenis – Jenis SEO

Terdapat 2 jenis SEO, yaitu SEO on page dan SEO off page dimana kedua SEO tersebut penting dan saling berkaitan satu sama lain. Jenis SEO tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. SEO On Page

SEO on page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website. Beberapa langkah optimasi SEO on page yaitu meliputi permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, dan internal linking.

  1. SEO Off Page

SEO off page adalah sejumlah langkah SEO yang dilakukan di luar website. Banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO seperti backlink atau inbound link. Backlink ini dapat menjadi indikator konten sehingga menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk pada konten, maka akan semakin baik.

Alasan – Alasan SEO Penting untuk Website

Berikut ini beberapa alasan mengapa SEO penting untuk website :

  1. Mesin pencari adalah sumber informasi. Di Indonesia sekitar 75% pengguna internet terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google.
  2. Trafik didominasi konten di halaman pertama. Menurut Infront Webworks, sekitar 91,5% trafik didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama mesin pencari.
  3. Website dapat ditemukan melalui kata kunci. Tanpa kata kunci website akan sulit untuk ditemukan pembaca oleh karena itu, pastikan isi website memuat kata kunci yang berhubungan dengan topik utama.

Demikian artikel Pentingnya SEO untuk Menentukan Kualitas Website ini saya buat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>