Mulailah Sebuah Bisnis Dengan Business Plan Yang Baik

Business plan atau proposal bisnis yang baik, merupakan buku panduan bagi anda saat mengeksekusi bisnis tersebut.
149  
       

Apa Itu Business Plan?

Business plan word cloud written on a chalkboard

Dunia bisnis adalah dimana anda harus bertindak secara hati-hati dan penuh perisapan. Salah satu persiapan yang perlu diperhatikan adalah kualitas business plan atau proposal bisnis yang anda buat. Dengan kata lain business plan atau proposal bisnis adalah buku panduan yang anda buat sebelum mengeksekusi suatu bisnis. Buku panduan ini berguna untuk memposisikan bisnis anda saat eksekusi nanti. Suatu bisnis yang hebat berawal dari sebuah proposal bisnis yang baik dan super detail.

Poin Penting Apa yang Harus ada Dalam Sebuah Business Plan?

a. Deskripsi produk

Poin pertama adalah seperti apa anda mendefinisikan produk yang akan anda jual di pasaran. Gambarkan produk tersebut dengan detail, mulai dari tujuan produk, nilai produk, kelebihan, kekurangan, fitur, keunikan hingga inovasi apa yang akan menjawab kebutuhan pasar saat ini.

b. Target pasar

Poin kedua ini begitu penting karena menyangkut dengan siapa orang yang akan membeli produk yang akan anda jual. Analisis target pasar yang tepat akan membantu anda dalam memasarkan produk tersebut.

c. Marketing plan

Pada bagian ini lebih ditekankan bagaimana tim anda akan menjual produk tersebut. Kemudian menjelaskan mengenai strategi yang akan digunakan untuk penetrasi ke target pasar serta target pencapaian.

d. Operation plan

Sedangkan untuk bagian operation plan, anda lebih menekankan pada bagian operasionalnya. Seperti menentukan material produk, efesiensi produksi, production planning, hingga menceritakan vendor dan masalh logistik.

e. Financial plan

Financial planning tentunya membahas masalah biaya, laporan keuangan, menghitung BEP bisnis, menetukan cogs juga harga, margin profit, modal dan lain-lain.

Poin-poin diatas sebenarnya hanya kerangka umum saja yang biasanya tertulis pada sebuah proposal bisnis. Kelima poin tersebut tak bisa terlewatkan karena merupakan dasar dari munculnya bisnis anda. Kesimpulannya, buatlah business plan sedetail dan sebaik mungkin agar bisa menjadi buku panduan yang tepat saat bisnis anda dieksekusi nanti.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>