Apa yang sebenarnya yang di jual suatu produk pada target pasarnya?

suatu produk memerlukan nilai agar dilirik oleh pelanggan. Tidak hanya itu, kualitas dan harga penitng untuk diperhatikan.
43  
       

Dalam berbisnis, produk menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum dilempar ke pasaran. Produk sendiri bisa berupa barang dan jasa, atau keduanya. Produk yang diciptakan bagi suatu pasar, tentunya harus bisa menjawab suatu permasalahan. Jika produk tersebut tidak membawa solusi atau kemudahan bagi target market, maka bisa dibilang produk tersebut tak layak dipasarkan, useless.


Lalu apa sebenarnya yang perlu dipikiran agar produk yang anda jual dilirik pelanggan?

Pelanggan tentunya memiliki pertimbangan sendiri sebelum akhirnya memutuskan membeli suatu produk. Dari sisi pelanggan, mereka berpikir harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi mereka. Sedangkan dari sisi penjual, bagaimana caranya memberikan produk yang bisa mencapai ekspektasi para pelanggan.


Apa yang anda jual?

Maka dari itu, sebagai seorang pembisnis anda perlu mengenal apa sebenarnya yang ingin anda jual. Bisa dibilang produk yang anda lempar ke pasaran harus bisa dilihat oleh calon pembeli diantara beribu produk yang sejenis. Ada 3 cara yang bisa dipertimbangkan sebelum produk sampai ke target market, yaitu:

  1. Kualitas sekelas apa yang anda berikan melalui produk tersebut?
  2. Bagaimana cara anda menentukan harga diantara para kompetitor?
  3. Bisakah anda mengkombinasikan dengan tepat antara kualitas dan harga untuk produk tersebut?

Produk yang telah melewati serangkaian penelitian mulai dari product research, market research, hingga competitor research. Jika anda tidak bisa mengetahui apa sebenarnya yang dijual oleh produk tersebut, maka penelitian yang dilakukan tidak akan banyak berpengaruh. Dunia bisnis begitu dinamis, maka dari itu diperlukan pemikiran yang mendalam. Namun, jika anda tidak mengenal produk anda, bagaimana calon pelanggan akan tahu apa yang produk anda tawarkan.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>