Pengaruh Celebrity Endorsement Sebagai Strategi Komunikasi Marketing

Baru-baru ini Celebrity endorsement menjadi salah satu cara efektif untuk mengkomunikasikan suatu produk baik secara offline maupun online.
285  
       

Ada banyak cara untuk mengkomunikasikan suatu produk kepada calon pembeli. Salah satu hal penting dalam dunia marketing adalah bagaimana cara suatu bisnis menyampaikan, membujuk dan mengingatkan produknya kepada pasar. Celebrity endorsement merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan suatu brand kepada calon pembeli.
Apa yang dimaksud celebrity endorsement?

Celebrity endorsement adalah cara dimana suatu bisnis menggunakan artis, aktor atau tokoh terkenal lainnya untuk ikut mempromosikan produk dari bisnis tersebut. Endorsement yang dilakukan oleh para selebriti atau tokoh terkenal bertujuan untuk menarik minat pasar untuk menggunakan produk yang di endorse. Selebriti yang dipilih sebagai brand endorser dituntut untuk megkampanyekan produk tertentu kepada masyarakat. Entah itu melalui media sosial seperti instagram pribadi, hingga berbagai event yang diselenggarakan oleh perusahaan brand terkait.
Apa yang dipertimbangkan saat memilih brand endorser?
Menurut Terence A.Shimp, ada beberapa atribut yang digunakan dalam memilih seorang endorser. Atribut berikut adalah:
a. Attractiveness, seorang selebriti yang akan diajdikan endorser haruslah memiliki sisi menarik. Bukan hanya dinilai dari segi fisik yang cantik dan tampan saja. Namun bisa juga berhubungan dengan non-fisik seperti gaya yang nyentrik, lifestyle, maupun kemampuan intelektual.
b. Respect, Seorang endorser harus bisa membuat produk yang diiklankan menjadi produk yang memiliki kualitas yang dihargai. Setelah mendengar atau melihat endorser mengiklankan produk tertentu, maka produk tersebut akan diapresiasi oleh orang yang sudah menonton ikaln tersebut.
c. Similarity, yaitu menunjukan kesamaan antara endorser dengan target market yang dituju. Misalnya ketika anda akan mempromosikan produk sepatu gunung, maka anda harus memilih seorang endorser yang suka naik gunung dan berpetualang. Sebab target market dari produk tersebut juga adalah anak muda yang suka berpetualang dan naik gunung, mka endorser yang dipilih harus sesuai.
d. Expertise, seorang endorser yang baik adalah seseorang yang harus terlihat ahli dalam produk yang dopromosikannya. Endorser tersebut harus memiliki pengetahuan, pengalaman dan juga keahlian dengan produk yang berkaitan. Hal ini bisa membuat audiens lebih terpengaruh untuk menggunakna produk tersebut.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>