5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berbisnis Dengan Teman Sendiri

Berbisnis bersama teman memang sangat menyenangkan. Namun anda tetap harus mempertimbangkan keahlian dan motivasi berbisnis teman anda.
20  
       

Berbisnis sebetulnya bisa dilakukan dengan siapapun, termasuk dengan teman sendiri. Tapi ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

BISNIS TETAP BISNIS!!

Ketika anda mulai mencoba memulai bisnis cobalah untuk bersikap profesional. Jika bisnis tersebut anda lakukan bersama teman, maka lakukan dengan cara profesional. Bisnis tetaplah bisnis meski anda lakukan bersama teman atau keluarga sekalipun.

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum mengajak teman anda untuk berbisnis:

Jangan Sembarang Mengajak Teman Untuk Berbisnis

Pastikan Teman Anda Memiliki Keahlian Atau Setidaknya Motivasi Untuk Berbisnis.
Anda mungkin berteman baik dengan orang tersebut, namun pertimbangkanlah apakah teman anda cocok untuk dijadikan rekan bisnis. Jangan karena dia adalah teman terdekat anda, anda memutuskan untuk berbisnis dengannya. Setidaknya teman ada harus memiliki motivasi untuk berbisnis dan juga keahlian. Jika hanya mengandalkan hubungan pertemanan saja, maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam Berbisnis Dia Bukanlah Teman, Tapi Rekan

Ingatlah dunia bisnis tidak mengenal teman, jika anda bermaksud mengajaknya berbisnis maka dia adalah rekan bisnis bukan teman anda. Tujuan berbisnis berbeda dengan tujuan dari suatu pertemanan. Dalam bisnis meningkatkan profitabilitas adalah sorotan utama. Sehingga ada baiknya anda memposisikan teman anda sebagai rekan berbisnis bukan teman.

Luangkan Waktu Hangout Bersamanya Sebagai Teman Diluar Bisnis

Untuk tetap menjaga hubungan pertemanan anda, cobalah luangkan waktu untuk tetap menghabiskan waktu dengannya sebagai teman. Jangan gunakan waktu bekerja sebagai waktu hangout dengannya. Cari waktu yang berbeda, dan pergilah bermain seperti biasanya.

Masalah Diselesaikan Secara Profesional

Mungkin salah satu kesulitan berbisnis bersama teman adalah ketika anda merasa sungkan untuk menegur teman anda. Kondisi tersebut akan membuat masalah dlaam bisnis anda sulit terpecahkan. Sebaiknya selesaikan masalah secara profesional tanpa ada rasa sungkan pada teman anda.

Demikian. Semoga membantu.