Target Market Menjadi Salah Satu Poin Penting Dalam Berbisnis

Target Market seringkali diabaikan, validasi produk hanya sebatas spekulasi semata. Padahal itulah awal strategi bisnis.
47  
       

Memulai suatu bisnis tentunya diperlukan persiapan juga riset berbagai hal yang sudah dilakukan sebelumnya. Bisnis yang dimulai dengan persiapan yang minim cenderung bisa lebih mudah goyah ditengah eksekusi. Salah satu elemen penting dalam berbisnis adalah menentukan target market dengan jelas dan sespesifik mungkin. Tak sedikit pelakon bisnis yang menganggap remeh poin ini karena menganggap produk atau jasa yang dilempar kepasar bisa memenuhi semua kalangan. Faktanya, suatu bisnis tidak bisa memberikan kepuasan pada semua kalangan. Maka dari itu target market yang jelas sangat dituntut dalam menjalankan suatu bisnis.

Riset dan Target Market

Target market sendiri perlu ditentukan melalui berbagai riset hingga menghasilkan suatu grup tempat dimana anda melakukan market penetration. Jika anda hanya mengatakan bahwa target pasar anda mahasiswa, pegawai kantor atau seorang blogger. Target pasar seperti itulah yang akhirnya membuat anda bingung dalam melancarkan strategi marketing karena target pasar terlalu umum. Target market atau target pasar harus mencakup berbagai aspek muali dari demografi, personality, physiology, lifestyle, purchasing power dan masih banyak poin lainnya.

Ketika anda memiliki target market yang terlalu umum, anda akan merasa kesulitan bagaimana cara untuk mencapai target marketing dan target sales. Target marketing disini dimana para pelaku bisnis harus memenuhi customer satisfaction dari produk dan servis yang diberikan. Sedangkan target sales disini, lebih berorientasi pada profit dan tingkat penjualan tiap periodenya. Dalam kacamata marketing maupun sales, kejelasan target market sangatlah berpengaruh dalam pencapaian target yang dibuat kedua tim tersebut.

Target Market dan Customer Satisfaction

Customer satisfaction bisa dicapai ketika anda mengetahui siapa target pasar yang harus anda penuhi kebutuhan dan keingingannya. Sedangkan dalam penjualan produk, anda perlu memperhatikan startegi paling sesuai dengan target market yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

Pada intinya sebelum suatu bisnis dieksekusi, definisi target market dari bisnis tersebut haruslah clear, jelas. Dengan begitu tak ada lagi bisnis yang gagal karena strategi marketing yang tidak sesuai atau kepuasan perlanggan tak pernah terpenuhi.