Hypertext Markup Language (HTML)

HTML bukanlah sebuah bahasa pemograman, melainkan sebuah standar yang digunakan untuk menampilkan halaman web.
24  
       

HTML bukanlah sebuah bahasa pemograman, melainkan sebuah standar yang digunakan untuk menampilkan halaman web.

Apa itu HTML?

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi melalui browser. HTML merupakan standard internet yang dikendalikan penggunaanya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML tidak memiliki kemampuan membuat fungsionalitas dinamis. HTML memungkinkan pengguna untuk membuat dan menyusun paragraf, heading, link, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi. HTML terdiri atas sekumpulan tags atau elements, yang sebagian besar elementnya memiliki tag pembuka dan penutup yang menggunakan syntax yang berpasangan seperti <tag> ditutup oleh </tag>.

 

Baca jugaMengenal Document Object Model (DOM) HTML

 

Fungsi HTML

Secara umum, HTML berfungsi untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga data dan informasi tersebut dapat menjadi sebuah dokumen yang bisa diakses dan ditampilkan di internet melalui layanan web. Namun, secara spesifik HTML juga memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut:

  • Membuat halaman web yang dapat dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan mudah.
  • Menampilkan berbagai informasi untuk dimuat di dalam sebuah browser internet.
  • Membuat link untuk berpindah ke halaman web lain dengan menggunakan kode tertentu.
  • Menandai elemen – elemen dalam website seperti header, main, footer, navigation dan sebagainya.
  • Menandai teks pada suatu laman seperti, teks tebal, miring, bergaris bawah tebal dan sebagainya.
  • Menampilkan tabel, gambar, video dan lainnya dengan menggunakan bahasa HTML.
  • Sebagai dasar sebuah website dengan bahasa HTML sebagai dasarnya.

Struktur Dasar HTML

Struktur – struktur dasar HTML antara lain sebagai berikut:

<html>____________ 1

<head>___________ 2

<title> disini diisi judul </title>_______ 3

</head>

<body>___________ 4

</body>

</html>

Penjelasan:

  1. Tag <html> digunakan untuk menyatakan halaman website menggunakan bahasa HTML.
  2. Tag <head> adalah kepala dari halaman website yang tidak ditampilkan di browser. Pada tag ini bisa menambahkan banyak informasi lainnya yang berguna untuk pembacaan dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.
  3. Tag <title> digunakan untuk menampilkan judul.
  4. Tag <body> digunakan untuk menampilkan isi website. Semua yang ingin ditampilkan dimasukkan dalam tag body.

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web yang menampilkan berbagai macam informasi seperti teks, gambar diam atau bergerak, data, suara, video, atau gabungan dari semuanya. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML.

Jenis – Jenis Website

Jenis – jenis website antara lain sebagai berikut:

  1. Website Statis, adalah website yang halaman webnya tidak berubah. Artinya apabila ingin melakukan perubahan pada halaman web harus dilakukan secara manual dengan cara mengedit kode – kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.
  2. Website Dinamis, adalah website yang secara strukturnya diperuntukkan untuk melakukan update sesering mungkin.
  3. Website Interaktif, adalah website yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dan juga saling beradu berpendapat.

Apa Itu Browser?

Browser adalah aplikasi atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima, mengakses, dan menyajikan informasi dari Internet. Fungsi browser adalah mengubah kode HTML menjadi audio visual yang dapat dikonsumsi oleh penggunanya. Sumber informasi tersebut dapat berupa gambar, teks, video, data, dan konten lainnya. Browser sangat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari karena setiap harinya banyak pengguna yang selalu menggunakan browser untuk mencari apa yang mereka perlukan.

Jenis – Jenis Browser

Yang termasuk ke dalam jenis – jenis browser antara lain Google chrome, UC Browser, Mozilla Firefox, Opera, opera Mini, Internet Explorer dan sebagainya.

Hubungan Website dengan Browser

Website dan browser merupakan dua perangkat lunak yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Karena browser adalah program yang berfungsi untuk mengakses suatu website. Tanpa adanya browser, website dapat diakses namun hasilnya kurang memuaskan dan apabila website tidak ada, maka browser tidak dapat mengakses apapun. Jadi, bisa dipastikan bahwa website dan browser saling berhubungan.

Demikian penjelasan secara singkat mengenai HTML atau Hypertext Markup Language. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu untuk lebih mengenal HTML. Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk lebih meningkatkan dan membangun kualitas dari artikel yang kami buat. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>