XML vs JSON

XML adalah bahasa markup sama seperti HTML, sedangkan JSON adalah syntax, untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara bersama – sama.
177  
       

XML adalah bahasa markup sama seperti HTML, sedangkan JSON adalah syntax, untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara bersama – sama.

Apa itu XML?

XML merupakan rekomendasi dari W3C (World Wide Web Consortium) yang dirancang untuk menyimpan dan mengirim data. XML berisi informasi yang dibungkus dalam tag. Saat menggunakan tag pada XML, penulis haruslah menentukan tag dan struktur dokumen terlebih dahulu.

XML menyimpan data dalam format teks biasa. Cara penyimpanan, pengiriman, serta pembagian data tidak bergantung pada software maupun hardware. XML juga dapat mempermudah untuk melakukan perluasan atau peningkatan ke sistem operasi baru, aplikasi baru, atau browser baru, tanpa harus kehilangan data. XML tersedia untuk semua jenis “Mesin Pembaca” seperti manusia, komputer, mesin suara, berita, dan lainnya.

Berikut contoh XML dalam bentuk Tags dan Note :

  1. XML dalam bentuk tags

2. XML dalam bentuk note

Berikut ini adalah contoh gambar note XML versi lama dengan XML versi baru :

Versi Lama

Versi Baru

Apa itu JSON?

JSON merupakan syntax yang dirancang untuk menyimpan dan bertukar data. JSON berisi format teks data yang ringan, sehingga mudah untuk dibaca dan dimengerti. JSON adalah teks dan Objek JavaScript apapun dapat dikonversi menjadi JSON dan mengirim JSON ke server. Sebaliknya JSON apapun yang diterima dari server dapat dikonversi menjadi JavaScript.

 

Baca juga : Cara mengeluarkan JSON yang benar di PHP

 

Berikut ini adalah contoh gambar mengirim, menerima, dan menyimpan data pada JSON :

  1. Mengirim Data

2. Menerima Data

3. Menyimpan Data

Perbandingan Antara XML dengan JSON

Terdapat beberapa perbandingan antara XML dengan JSON antara lain sebagai berikut:

  1. XML adalah bahasa markup, sedangkan JSON adalah format data.
  2. XML adalah versi sederhana dari bahasa markup yang memungkinkan penulisnya untuk membuat tag sendiri, sedangkan JSON adalah format teks ringan yang dirancang agar dapat dibaca oleh manusia.
  3. XML tidak menggunkan array, sedangkan JSON menggunakan array.
  4. JSON adalah versi rendah lemak dari XML.

Demikian pembahasan artikel  XML dan JSON menurut informasi yang saya ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda semua untuk lebih memahami XML dan JSON. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>