Hypertext Markup Language (HTML)

HTML merupakan suatu bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website,  kemudian  dapat diakses dengan internet.
17  
       

HTML merupakan suatu bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website,  kemudian  dapat diakses dengan internet.

Mengenal Apa Itu HTML

HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language adalah bahasa markup internet yang berguna untuk membuat suatu halaman web. Melalui aplikasi browser atau penjelajah internet,  sudah dibuat lewat HTML sehingga dapat dilihat oleh siapa saja. Hypertext adalah suatu metode yang digunakan untuk melakukan perpindahan dari halaman web ke halaman lainnya dengan cara mengklik salah satu tulisan atau simbol pada halaman website .

Markup adalah suatu hal yang dilakukan tag html terhadap teks yang berada didalamnya. Misal jika mengetik suatu teks dengan menggunakan tag <b> maka teks tersebut akan muncul menjadi tulisan tebal pada halaman web. Simbol atau tag HTML tersebut sudah disediakan pada dashboard web umumnya. Sementara laguage adalah bahasa pemograman yang disusun dari tag – tag tertentu yang nantinya akan diterjemahkan kedalam teks sehingga dapat dilihat pada website . Biasanya tag ini berpasangan ada tag pembuka dan penutup contoh <b> </b>.

Baca jugaManipulasi HTML DOM dengan menggunakan JavaScript

 

Fungsi HTML

HTML memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Fungsi utama HTML untuk membuat suatu halaman website yang bisa dipahami oleh pengguna.
  • Menandai teks pada suatu halaman website, html ditulis dengan tag atau simbol tertentu, dimana halaman html dituliskan kode <i> untuk teks miring, <b> untuk teks tebal , <u> untuk teks garis bawah dan lain sebagainya.
  • Sebagai dasar , yang dibuat memliki beberapa fitur dengan menggunakan java script (untuk mengatur perilaku web), implementasi bahasa pemrograman server, dan mendesain web.
  • Menampilkan tabel, gambar, video dan lainnya.
  • Menandai elemen dan membuat online form, berfungsi untuk menandai bagian – bagian dalam website.

Stuktur dasar HTML

Berikut ini adalah struktur dasar dari HTML :

<html>__________________ 1

<head>__________________ 2

<title>disini diisi judul artikel</title>__________ 3

</head>

<body>__________________ 4

</body>

</html>

Penjelasan :

  1. Tag <html> ini digunakan untuk menyatakan halaman website ini menggunakan bahasa HTML.
  2. Tag <head> adalah kepala dari halaman website yang tidak ditampilkan di browser. Pada tag ini bisa menambahkan banyak informasi lainnya yang berguna untuk pembacaan dari mesin pencari seperti Google, Bing dan mesin pencari lainnya.
  3. Tag < title> digunakan untuk menyatakan title website . Tag ini disimpan pada tag <head></head>.
  4. Tag <body> digunakan untuk menampilkan isi website . Semua yang ingin Anda tampilkan dimasukkan dalam tag <body>.

 

Website

Website adalah kumpulan halaman web yang berisi informasi seperti data, teks, gambar, video dan lain sebagainya. Halaman website biasanya dalam dokumen dibuat dengan  HTML.

Jenis – jenis Website

Jenis – jenis website yang paling umumnya ditemukan sebagai berikut :

  1. Website Statis

Memiliki tampilan yang tetap, tidak berubah – ubah. Jika pemilik websitenya ingin mengubah tampilan maka harus melakukan dengan cara mengedit kode websitenya secara manual. Contoh dari website ini adalah Google.

  1. Website Dinamis

Halaman web yang menampilkan perubahan secara terus – menerus, sesuai dengan konten yang diunggah. Biasanya website ini memiliki tampilan yang cantik, kolom komentar, dan live chatting. Contoh website ini adalah blog, situs belanja daring, dan situs berita.

  1. Website Interaktif

Jenis halaman web yang dirancang untuk saling berinteraksi antara penggunanya. Contoh dari website ini adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Browser

Browser merupakan sebuah sofware atau aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan suatu format HTML di dalam jaringan internet. Ini termasuk halaman web, gambar dan video. Kebanyakan orang – orang sering menggunakan browser jika diperlukan untuk mempertimbangkan kebutuhanya. Fungsi dari browser adalah merubah kode HTML menjadi audio visual yang dapat dikonsumsi oleh penggunanya.

Jenis – jenis Brower

Beberapa jenis browser yang sering digunakan diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefok, Safari, Opera, dan Internet Ekpoler

Hubungna Antara Website dengan Browser

Website dengan Browser merupakan dua perangkat lunak yang saling berkaitan, karena browser berfungsi untuk mengakses atau menjelajahi suatu website. Tanpa adanya browser, maka website dapat diakses namun hasilnya tidak memuaskan. Jadi website dan browser saling berhubungan.

Demikian penjelasan secara singkat mengenai HTML semoga bermanfaat dengan adanya artikel ini bisa membantu untuk lebih mengenal HTML. Sekian dan  terima kasih.

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>