Penerapan Marketing Mix dalam Komunikasi Pemasaran

Marketing mix adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan strategi pemasaran terhadap barang yang akan ditawarkan kepada pelanggan.
124  
       

Untuk menjual suatu produk kepada konsumen diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi pemasaran dasar yang harus dilakukan adalah bagaimana cara anda mengkomunikasikan produk yang akan anda tawarkan. Suatu pendekatan dasar dalam mengkomunikasikan pemasaran adalah marketing mix.

Menurut Kotler, marketing mix adalah serangkaian alat-alat pemasaran yang digunakna untuk meyakinkan targer pasar yang dituju. Dalam marketing mix terdapat beberapa unsur atau variable yang menjadi inti dari suatu sistem pemasaran. Awalnya variable tersebut hanya terdiri daru Product (produk), Price (harga), Place (lokasi), dan Promotion (promosi). Namun seiring perkembangan dunia bisnis, variable tersebut bertambah dengan People (manusia), dan Process (proses).
Unsur atau variable tersebut dipadukan dalam marketing mix yang mampu membuat strategi-strategi pemasaran dalam mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Untuk lebih jelas, simaklah uraian berikut mengenai setiap variable dari marketing mix:

1. Product
Produk bisa berupa barang dan jasa dimana tercipta untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Suatu produk haruslah memiliki nilai dan manfaat bagi konsumen atau menajdi solusi dari permasalahan target pasar yang dituju. Sebenarnya konsumen bukan membeli suatu produk, tapi nilai dan manfaat dari produk tersebut.
2. Price
Price atau harag sangat penting karena merupakan suatu apresiasi konsumen terhadap produk yang akan mereka beli. Penentuan suatu harga akan melalui berbagai pertimbangan yang mempengaruhi tingkat profitabilitas dan nilai suatu produk. Penentuan harga juga harus mempertimbangkan eksistensi kompetitor.
3. Place
Tempat atau lokasi strategis akan memberikan penagruh pada kelangsungan suatu bisnsis. Pemilihan tempat juga dibutuhkan pertimbangan yang mengacu pada kemudahan konsumen dalam menjangkau lokasi, tingkat kompetisi, nilai investasi hingga biaya.
4. Promotion
Promosi adalah serangkaian teknik untuk mengkomunikasikan secara persuasive produk yang akan ditawarkan. Promosi juga diharapkan bisa meninkgatkan jumlah konsumen dan memperluas target pasar yang dituju.
5. People
People adalah sumber daya manusia yang memberikan performanya dalam menjalankan suatu bisnis. Karyawan, owner, sales, supplier,hingga vendor adalah beberapa sumber daya manusia yang terlibat dalam proses marketing mix.
6. Process
Suatu kualitas pelayanan juga bergantung pada bagaimana proses penyampaian kepada konsumen. Selain itu bagaimana pelayanan-pelayanan tersebut dikonsumsi oleh para konsumen.