Tiga Buah Orientasi Pelanggan

Pelanggan merupakan suatu konsumen yang membeli barang atau jasa secara berulang – ulang, dan menentukan sikap dari pelanggan.
68  
       

Pelanggan merupakan suatu konsumen yang membeli barang atau jasa secara berulang – ulang, dan menentukan sikap dari pelanggan.

Perbedaan Antara Konsumen dan Pelanggan

Berikut untuk membedaan antara konsumen dan pelanggan :

  • Konsumen yang mengonsumsi produk dan layanan untuk dirinya sendiri.

Contoh : sebuah toko glosir yang menjual produk yang berupa kebutuhan sehari – hari, namun memiliki banyak konsumen yang datang ke toko tersebut untuk membeli barang yang diperlukan untuk mereka sendiri.

  • Pelanggan tidak selalu mengonsumsi produk dan layanan untuk dirinya sendiri, namun dapat juga untuk orang atau pihak lain.

Contoh : pelanggan memiliki loyalitas terhadap toko tersebut. Pelanggan akan selalu datang ke toko tersebut secara rutin, dimana barang yang dibeli bukan untuk kebutuhan pribadi, tetapi untuk orang lain.

Baca jugaSepuluh Kriteria Pelanggan Berdasarkan  Teori CRM

Tiga Buah Orientasi Pelanggan

Terdapat tiga buah orientasi pelanggan terhadap produk atau layanan yang mereka gunakan, untuk menentukan target pelanggan dan strategi pemasaran diantaranya yaitu :

  1. Cost Oriented Customer (pelanggan orientasi biaya) merupakan pelanggan yang memilih harga lebih rendah, baik produk, spare part, hingga layanan (service) dan garansi. Pelanggan orientasi biaya tidak mempermasalahkan nilai yang mereka peroleh dari produk atau layanan yang mereka gunakan. Perusahaan tetap memperhitungkan pelanggan, meskipun kemampuan finansial mereka didalam transaksi terbilang kecil, namun berpengaruh pada pemasukan perusahaan.
  2. Value Oriented Customer (pelanggan orientasi nilai), berkebalikan dengan Cost Oriented Customer. Pelanggan ini tidak mempermasalahkan harga yang harus dibayar untuk memperoleh produk atau layanan yang diinginkan, sebab mereka mampu memprediksi bahwa produk atau layanan tersebut bermanfaat, sehingga perusahaan memiliki keuntungan hingga kedepannya. Selain itu faktor yang menjadi pertimbangan adalah kualitas, prestasi dan performa.
  3. Tecnology Oriented Customer (pelanggan orientasi teknologi) merupakan pelanggan jenis ini sangat memperhatikan teknologi terkini yang digunakan, meskipun mereka tidak terlalu membutuhkannya saat itu. Pelanggan jenis ini salah satunya adalah pada smartphone, sofware, dan hardware, dengan fitur terbaru pada setiap rilis versi.

Demikian pembahasan dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>