Peran Digital Marketing dalam Bisnis

Di era serba digital seperti sekarang ini, pemasaran lewat media digital semakin banyak diminati dan dipakai oleh para pemilik usaha.

Peran Digital Marketing dalam Bisnis

Di era serba digital seperti sekarang ini, pemasaran lewat media digital semakin banyak diminati dan dipakai oleh para pemilik usaha.
85  
       

Di era serba digital seperti sekarang ini, pemasaran lewat media digital semakin banyak diminati dan dipakai oleh para pemilik usaha.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk yang dilakukan melalui media digital ataupun internet yang bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara tepat dan cepat. Semakin berkembangnya teknologi dan internet di masyarakat saat ini membuat sebagian perusahaan lebih fokus ke pemasaran secara digital. Sehingga menyebabkan perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan di media digital yang dimilikinya.

 

Baca jugaKenali Sistem ERP dan Berbagai Keuntungannya bagi Bisnis Anda

 

Jenis – Jenis Digital Marketing

Terdapat 6 jenis digital marketing yang bisa digunakan sebagai media promosi atau pemasaran. Jenis – jenis digital marketing tersebut antara lain :

  1. Website. Biasanya banyak digunakan karena lebih hemat dan termasuk media bisnis yang mudah.
  2. Search Engine Marketing (SEM). Sama seperti SEO, SEM juga berfungsi membuat website lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Hanya saja SEM termasuk media promosi yang berbayar, namun hasil yang didapatkan lebih cepat.
  3. Online Advertsising. Sama seperti SEM, online advertising juga merupakan media promosi berbayar. Namun, harga online advertising lebih mahal.
  4. Email Marketing. Kirimkan pesan pormosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
  5. Video Mrketing. Dengan cara ini, promosi atau pemasaran produk dapat dilakukan secara langsung. Mulai dari penjelasan produk, cara menggunakannya, ataupun menampilkan testimoni dari pelanggan. Contohnya seperti Youtube.
  6. Sosial Media Marketing. Promosi atau pemasaran dapat dilakukan melalui media Facebook, Twitter, dan Istagram. Cara ini memerlukan biaya yang minim bahkan gratis.

Strategi Digital Marketing

Berikut ini beberepa strategi digital marketing yang sering diterapkan para pemilik usaha :

  1. Search Engine Optimization, mengoptimasi website berada di peringkat teratas.
  2. Content Marketing, merencanakan, membuat, membagikan konten tentang perusahaan.
  3. Otomatisasi Pemasaran, otomatisasi dilakukan secara berulang – ulang.
  4. Pay Per Klik (PPC), mengarahkan traffic ke website secara berbayar.
  5. Sosial Media Marketing, promosi pada media sosial.

Demikian artikel Peran Digital Marketing dalam Bisnis menurut informasi yang saya dapatkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>