Masalah Paypal Pembayaran diterima Tapi Saldo tidak bertambah

Pasti panik jika topup Paypal namun saldonya tidak kunjung bertambah. Solusinya sebenarnya cuma 1. Sabar.
113  
       

Paypal merupakan payment gateway yang sudah lama berdiri mewarnai para pemburu dollar di dunia maya. Bukan hanya fleksibilitasnya, namun juga karena lebih dikenal sehingga banyak orang menggunakan paypal ini. Tapi jujur aja, karena ini menyangkut masalah uang biasanya masalah yang timbul didalam paypal ini sangat sensitif. Nah salah satu masalahnya adalah pembayaran diterima namun saldo tidak bertambah.

Baca Juga: Apakah kartu FLAZZ BCA bisa untuk bayar tol?

Awal Cerita

Kisah ini berawal pada saat saya ingin membayar VPS Digital Ocean lewat paypal, pas dicek ternyata saldonya sudah habis. Alhasil saya jadi beli saldo paypal yang terpercaya via transfer bank dan tidak lama kemudian saldo paypal sudah dikirim dengan adanya tanda terima di email. Tapi aneh, karena ini bukan pembelian yang pertama ini sudah ke sekian kalinya, saldo paypalnya tidak bertambah.


Login Ke Paypal

Karena panik, saya langsung login kepaypal saya untuk memastikan bahwa pembayaran sudah masuk. Dan ternyata pas dicek memang pembayaran sudah masuk, namun saldo belum bertambah. Padahal dipembelian yang beberapa waktu lalu tidak pernah menemui hal semacam ini. Sudah saya tunggu hampir 30 menit masih belum juga masuk.



Mencari Dukungan dan Bantuan Resmi Paypal

Akhirnya saya mencari dukungan dan bantuan resmi dari paypal dengan cara mengunjungi halaman kontak paypal. Namun, saya mendapatkan hasil yang nihil. Dan akhirnya saya googling ada beberapa masalah juga yang sama dengan saya. Saya mencari dengan menggunakan keyword paypal payment received but balance 0 dan akhirnya menemukan beberapa titik terang.

Mengeset Currency

Sebetulnya mengeset currency dipaypal seperti yang dibahas di paypal-community ini sudah saya lakukan diawal pembuatan paypal sekitar tahun 2009. Namun, karena saya berfikir mungkin cara ini harus dicoba, dan akhirnya saya coba dengan menempatkan primary currency menjadi US Dollar. Tapi tetap saja saldo saya tidak bertambah.

Mencari Bantuan Lain

Sebetulnya CLUE nya itu sudah ada di email. Di email itu berkata, “Membutuhkan beberapa waktu supaya saldo bisa bertambah“. Akhirnya saya menunggu sampai 60 menit, masih belum juga bertambah. Dan akhirnya pas saya cek di menit ke 90 ternyata benar, saldo itu bertambah setelah saya menunggu hampir 90 menit. Ternyata solusinya itu hanyalah kesabaran semata. Seperti yang saya bilang diawal, masalah uang ini sensitif. Hal sepele bisa menjadi besar apalagi kalau ditambahkan dengan rasa panik.




Solusi

Jadi, jika memang pembayarannya sudah dikirimkan dan atau diterima sebetulnya memang tinggal sabar untuk menunggu saldo paypalnya ke update. Tidak usah panik atau komplain terhadap penjual saldo. Karena, mungkin ini diluar tanggung jawabnya dia. Dan apabila memang si penjual saldonya mau menipu, harusnya tidak ada email pembayaran diterima kan ya? Jadi kesimpulannya tetap sabar, pilih penjual saldo yang terpercaya. Jang pilih karena murah karena murah belum tentu terpercaya. Mendingan harga bersaing tapi tidak rugi ya.

Demikian semoga membantu. Salaam.