FAB Tiga komponen penting untuk menaikan penjualan Bagian 2

Fitur Advantage dan Benefit adalah tiga komponen dalam penjualan yang akan menuntut kita memberikan alasan yang baik untuk konsumen
34  
       

Setelah kita membahas fitur sebagai komponen penting pertama yang harus dibuat, selanjutnya yang harus kita perhatikan untuk menaikan penjualan adalah komponen Advantage.

Advantage dalam bahasa Indonesia biasa disebut keuntungan. Menentukan Advantage yang hendak disampaikan pada konsumen dari suatu produk kita ini terbilang lebih mudah jika di bandingkan dengan menentukan fitur. Meskipun terbilang mudah melakukannya bukan berarti menentukan advantage ini menjadi sesuatu yang tidak penting.

Menentukan Advantage

Jika kemudian anda bertanya “Lalu kenapa kita perlu melakukan setting product advantage?” Tolong lakukanlah hal yang sama dengan bertanya “Kenapa orang/konsumen perlu membeli produk kita?” Ini merupakan langkah pertama yang sangat mudah bagi anda lakukan, untuk mengetahui apasih sesungguhnya Advantage dari produk kita bagi calon konsumen nantinya. Jika dikembalikan lagi dari sisi pemikiran kita sebagai penjual, memikirkan hal ini mungkin akan terlihat sulit.

Memposisikan Sebagai Calon Konsumen

Tips selanjutnya adalah silahkan anda memposisikan diri sebagai sang calon pembeli dari produk kita. Advantage merupakan komponen selanjutnya yang terpikirkan oleh konsumen setelah mengetahui fitur dari produk kita. Untuk memudahkannya, saya akan memberikan contoh sama yaitu Rolciz dari Foodziah sehingga contoh kasusnya bisa dilanjutkan.

Baca Sebelumnya: FAB Tiga komponen penting untuk menaikan penjualan Bagian 1

Ketika tahu bahwa Rolciz ini adalah Keju Gulung, selanjutnya kita akan berpikir “buat apa ya kalo saya mau beli Rolciz ini? Apakah ada keuntungannya dengan membeli Rolciz ini?” Mungkin akan banyak alasan yang muncul. Dari setiap alasan yang muncul ini cobalah dirumuskan menjadi 10 poin yang penting. Nanti dari 10 Poin tersebut, kita pilih lagi 7 poin terbaik kemudian pilih lagi menjadi 3 terbaik sehingga tinggal bersisa 1 alasan kenapa kita membeli produk tersebut.

Alasan Terkuat

Dari salah satu alasan yang kuat inilah, setidaknya konsumen memiliki cukup alasan untuk membeli produk ini. Kemudian apa gunanya 9 alasan lainnya? 9 alasan yang lainnya akan bisa kita gunakan untuk membujuk konsumen sehingga terpojok dan menyerah untuk membeli produk kita. Mungkin terkesan vulgar, namun inilah dunia penjualan. Produk sebagus apapun kalau tidak dapat dijual pasti akan meninggalkan kerugian secara material meskipun dari sisi prestige (kebanggaan) didapatkan.

Sekian dari bagian 2. InshaAllah akan dilanjut lagi bagian 3 secepatnya.

Semoga membantu.
Salaam.