Kiat-kiat Ketika Presentasi di Hadapan Klien

Dalam bisnis bukan hanya kemampuan marketing saja yang diperlukan. Namun communication skill juga dibutuhkan.
26  
       

Presentasi adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, atau laporan secara verbal dan visual. Dalam dunia bisnis, kemampuan presentasi juga sangat penting terutama saat melakukannya di hadapan klien. Presentasi yang baik memang harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari persiapan bahan presentasi, gesture saat mempresentasikan materi, gaya bicara, hingga penampilan. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu diperhatikan saat melakukan presentasi dihadapan klien maupun rekan bisnis:

Pemahaman Materi

Hal dasar yang perlu anda perhatikan adalah materi dari presentasi anda. Persiapkan segalanya dengan baik mulai dari materi, konten, visual pendukung seperti video atau animasi, hingga desain slide. Namun yang paling penting adalah seberapa paham anda dengan materi yang akan anda sampaikan? Jangan sampai anda kebingungan saat ada audiens yang bertanya mengenai mtateri anda.

Baca juga: hubungan data digital dan kebiasaan pengguna

Cara Bicara

Saat presentasi cara bicara anda menjadi sangat penting karena mempengaruhi pembawaan presentasi hingga akhir. Jika anda berbicara terlalu formal maka suasana saat presentasi akan terlihat kaku. Namun jangan juga anda menggunakan gaya bicara yang terlalu kasual sehingga dinilai kurang sopan. Selain itu anda perlu memperhatikan kecepatan dan intonasi saat berbicara.

Penampilan

Pentingkah penampilan saat melakukan presentasi dihadapan klien? Tentu saja penting, sebab apa yang anda pakai bisa memberikan first impression pada klien atau rekan bisnis anda. sebagai presenter, bukan hanya materi saja yang menyita perhatian audiens tapi penampilan anda juga cukup menajdi sorotan. Pilihlah pakaian yang formal namun tetap santai, seperti kemeja (tanpa jas tuxedo) dan celana bewarna hitam.

Tidak Membaca Slide

Saat presentasi tak sedikit orang yang hanya membaca ulang apa yang dituliskan pada slide tersebut. Hal itu benar-benar tak boleh anda lakukan saat presentasi dihadapan klien atau rekan bisnis anda. Buatlah poin yang ada pada tiap slide anda menajdi kata kunci bagi anda untuk menjelaskan lebih detail secara verbal.

Jangan Begadang

Menjadi khawatir dan tak memilih untuk tidur pada malam sebelum presentasi adalah salah. Jika anda mengalami kurang tidur maka fokus dan konsentrasi anda akan terganggu saat presentasi ananti. Sebaiknya tidur dan istirahat yang cukup sebelum melakukan presentasi.

 

Demikian. Semoga Membantu.