Hubungan Data digital dan Kebiasaan Pengguna

Mengungkap Data digital dan Kebiasaan User memang sangat penting untuk memutuskan tindakan dalam produk digital.

Hubungan Data digital dan Kebiasaan Pengguna

Mengungkap Data digital dan Kebiasaan User memang sangat penting untuk memutuskan tindakan dalam produk digital.
78  
       

Kelola Data Digital anda, Temukan Pola Prilaku Penggunna, dan Lihat Peluang Monetisasi!

Hampir semua orang di seluruh dunia menggemgam telpon pintar di tangannya, pagi hari sebelum bekerja, di sela-sela ketika bekerja, istirahat makan siang, dan malam hari ketika berkumpul bersama keluarga, telepon pintar hampir tidak terlepas dari genggaman. dengan demikian prilaku pengguna telepon pintar ini bisa kita katakan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melihat dan beraktifitas dengan telepon pintarnya, karena prilaku ini banyak perusahaan yang berbasis teknologi digital bisa eksis dan meraup keuntungan dari aktifitas mereka berdasarkan user behavior yang mereka amati dan kelola.

perlu anda ketahui banyak yang dapat dilakan pengguna telepon pintar dengan telepon pintarnya, dari sekedar membunuh kebosanan dengan hanya sekedar bermain game, melakukan transaksi, membaca artikel, membuat kesepakatan bisnis, hinggal mengatur tujuan perjalanan untuk berwisata. dengan banyaknya kegiatan yang dapat mereka lakukan dengan telepon pintarnya, menciptakan peluang bisnis dan sekaligus persainganan yang ketat untuk para digital marketeers.

Tahukah anda bahwa beberapa kegiatan anda sebenar nya direkam jejaknya ketika berselancar di dunia maya, bahkan hingga hal-hal kecil sekalipun, misalkan sebarapa sering anda melihat iklan yang ada pada situs tertentu, postingan like yang anda buat pada postingan anda, love yang anda dapatkan di postingan instagram anda, berapa kali anda meng click situs tersebut. sebelumnya mungkin kita tidak menyadari betapa bahwa postingan kita bisa di jadikan ajang jualan bagi oknum penjual obat-obat herbal, hanya karena mereka mereka melihat betepa banyaknya komentar pada postingan anda, platform yang anda menjadi pengguna di dalamnya dapat menjual data-data itu kepada pihak ke-3 hingga menjadi ajang iklan untuk sebagian pihak, dengan membayar sejumlah uang tertentu maka informasi itu pun di berikan. Perlu anda ketahui bahwa data sekecil apa pun di dunia maya menggambarkan kegiatan anda di dunia nyata. bahkan perusahaan besar di seberang lautan sekarang dapat melihat negara mana yang sedang memiliki trend dan isu-isu tertentu, sehinggal mereka bisa memanfaatkan itu menjadi peluang tertentu bagi mereka untuk di monetisasimini market bahkan juga memantau prilaku konsumennya melalui sistem komputer kasir yang mereka miliki, Amazon Go bahkan jauh lebih canggih lagi, user nya dapat dipantau aktifitas nya melalui telepon genggam yang mereka miliki, karena mereka berbelanja dan melakukan transaksi tidak perlu kasir lagi, hanya perlu membawa telepon pintarnya saja saat masuk ke dalam market :
Amazon Go Video

semakin dipermudahkan para pengguna dengan sebuah teknologi, semakin mudah pula memantau prilaku pengguna, semakin banyak pula data-data prilaku baru yang akan muncul yang dapat perusahaan tersebut amati.

“BUKAN BAGAIMANA HAL BESAR DATANG DARI HAL-HAL KECIL YANG TERPENTING, TAPI MENYUSUN HAL-HAL KECIL ITU YANG TERPENTING”

– Sherlock Holmes-

ada beberapa situs dan layanna yang eksistensi nya hanya untuk mengumpulkan data-data pengguna yang ada pada situs tertentu, baik itu data umum bahkan sampai data khusus, bahkan mereka akan membuatkannya dalam laporan terstruktur, bahkan grafik sehingga anda akan mudah membacanya, seperti google analytic, alexa (amazon) dan masih banyak yang lainnya

berikut beberapa layanan dan situs yang memberikan informasi tentang user dan aktifitas mereka terhadap situs-situs yang netizen kunjungi.

A. Alexa.com

Alexa.com adalah sebuah situs yang menyediakan layanan data komersial terkait traffik web. ada beberapa fitur yang akan membantu anda dalam mendapatkan informasi data tertentu jika melihat pola prilaku user anda dengan alexa, seperti ;

  1. Keyword Difficulty Tool, adalah fitur yang akan membantu anda untuk melihat sebera sulit keyword anda menggapai pengunjung jika anda menggunakan keyword tersebut.
  2. Competitor Keyword Matrix, adalah fitur yang berguna untuk menutup SEO gap (kesenjangan) yang terjadi antara anda dan pesaing-pesaing anda
  3. Competitor Backlink Checker, adalah fitur yang dapat melakukan pengecekan backlink pada pesaing anda dan dengan menggunakan fitur ini anda dapat mencari backlink yang bisa berharga untuk situs anda sendiri.
  4. dan masih ada beberapa lagi jika anda menggunaka alexa.com dengan akun advance

B. Google Analytic

Google analytic adalah layanan gratis dari google yang menampilkan data-data tentang aktifitas situs kita yang sudah kita masukkan kode yang telah google berikan ketika mendaftar sebagai pengguna layanan ini. google analytic akan dapat mengkategorikan sesuai dengan kategori yang sudah anda tentukan seperti ;

  1. pemirsa
  2. demografi
  3. minat
  4. geografi
  5. perilaku
  6. teknologi
  7. seluler

semakin banyak sub kategori yang ada pada kategor-kategori yang ada pada google analytic  anda, maka semakin banyak hal-hal yang mungkin bisa anda monetisasi.

C. WooRank

Memberi penilaian website anda. Woorank akan memberikan penilaian terhadap website anda berdasarkan kualitas SEO. anda bisa melihat statistik dan apa saja yang harus anda perbaiki terhadap website anda.

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>