Website Error “Resource Limit Reached” Kenapa?

Kenapa website tidak bisa diakses "Resource Limit Reached"? Bagaimana itu bisa terjadi? Mari kita bahas.
10  
       

Mungkin beberapa diantara kita pernah melihat error “Resource Limit Reached” ketika membuka website tertentu. Kenapa error tersebut bisa terjadi? Mari kita bahas.

Pemicu Error “Resource Limit Reached”

Error “Resource Limit Reached” dipicu karena sumber daya server sudah habis. Bisa jadi akibat lonjakan pengunjung, kapasitas penyimpanan sudah melebihi batas maupun terjadi serangan hacker. Dengan habisnya sumber daya server tersebut, Server sudah tidak dapat melayani pengunjungnya dengan baik dan hanya akan menampilkan pesan error.

Macam-macam Sumber Daya Server

Seperti halnya komputer atau laptop pada umumnya, Server juga memiliki komponen yang sama. Seperti CPU (central processing unit), RAM (Random access memory), Storage (Kapasitas Penyimpanan), dan kapasitas jaringan (network bandwidth). Dengan terganggunya komponen tersebut dapat memicu error di server.

Gangguan pada CPU Server

Gangguan CPU server biasanya diakibatkan dari pemrosesan server berlebih yang digunakan oleh kode yang berjalan pada website kita. Contoh seperti pemrosesan resize file gambar, download report XLS atau PDF, tentunya dengan ukuran yang relatif besar. Bisa juga Gangguan CPU disebabkan dari Slow Query atau pengeksekusian data yang lambat karena struktur database kurang optimal atau penggunaan ORM yang berlebih.

Solusi untuk Gangguan CPU server

Gangguan pada CPU bisa diminimalisir dengan cara menghindari Slow Query, penyusunan database yang tepat, strategi optimaliasi kode dan logika, dan cara terakhir yaitu upgrade jumlah CPU.

Gangguan RAM Server

Sama halnya seperti gangguan pada CPU, gangguan RAM server biasanya diakibatkan dari pemrosesan yang cukup besar tapi dipanggil oleh banyak koneksi sekaligus. Contoh seperti download report Transaksi yang sedang ditarik oleh setiap cabang pada awal bulan.

Solusi Gangguan pada RAM Server

Gangguan pada RAM bisa diminimalisir dengan cara menghindari download concurrent. Contoh concurrent disini berarti mendownload file yang berbentuk report dengan ukuran file yang sangat besar tapi memerlukan pemrosesan CPU yang kecil secara bersamaan. Sehingga RAM bisa penuh seketika.

Kemudian dengan cara menghindari penggunaan ORM (Object Relational Model) pada kode di website dan menghindari penggunaan cache yang ditempatkan pada RAM (in RAM Cache). Namun, apabila sudah dipakai cara-cara tersebut, sudah mau tidak mau harus meningkatkan / upgrade kapasitas RAM.

Gangguan pada Storage Server

Gangguan pada storage server biasanya diakibatkan dari Storage sudah penuh atau terlalu banyak file cache.

Solusi Gangguan pada Storage Server

Untuk meminimalisasi gangguan pada Storage, bisa dengan cara penggunaan hak akses file yang baik dan benar dengan memperhatikan kebutuhan aplikasi Server. Kemudian bisa juga dengan memisahkan code storage atau logic storage dengan file storage, penggunaan CDN dan juga penggunaan S3. Dan cara terakhirnya yaitu dengan cara menambah kapasitas storage server.

Kesimpulan

Ketika mendapatkan error tersebut, silakan dianalisis terlebih dahulu oleh provider hosting. Apabila nanti provider hosting, sudah mengatakan untuk upgrade. Maka sudah tidak ada cara lain selain upgrade server. Namun, apabila proses upgrade sudah mentok (sudah mencapai batas maksismum server). Sudah menandakan website anda harus dimigrasikan ke server yang lebih besar. Seperti ke hosting berbasis cloud seperti AWS. Dan tentunya bayarannya sangat lumayan.

Demikian, semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>