Bagaimanakah Trending Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia?

Koleksi aset digital dalam bentuk NFT mulai ramai diperbincangkan, terutama di negara Barat, lalu bagaimana perkembangan NFT di Indonesia?

Bagaimanakah Trending Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia?

Koleksi aset digital dalam bentuk NFT mulai ramai diperbincangkan, terutama di negara Barat, lalu bagaimana perkembangan NFT di Indonesia?
9  
       

Koleksi aset digital dalam bentuk NFT mulai ramai diperbincangkan, terutama di negara Barat, lalu bagaimana perkembangan NFT di Indonesia?

Semakin Populerkah NFT di Indonesia?

Seperti diketahui, NFT merupakan salah satu teknologi cryptocurrency semacam sertifikat digital yang menyatakan hak kepemilikian seseorang terhadap suatu karya digital seperti gambar, musik, video, atau hal apapun yang dapat disimpan secara digital.  Kode unik yang dimiliki NFT berfungsi untuk memudahkan seniman dalam memastikan keaslian suatu karya digital. Karena kode unik inilah menyebabkan setiap NFT tidak dapat disamakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Walaupun dari segi volume penjualan belum terlihat signifikan, di Indonesia sendiri secara umum tren minat terhadap NFT mulai tumbuh pesat di tahun ini dan hal ini menjadi kabar yang cukup baik bagi para seniman.

Semakin berkembangnya NFT di Indonesia saat ini, tidak berarti semua orang tertarik untuk bergabung dan mulai mengoleksi karya digital NFT. Beberapa orang bahkan masih mengganggap NFT cukup beresiko jika dijadikan sebagai investasi. Hal ini dikarenakan iklim permintaan trading di Indonesia yang tidak terlalu banyak, ditambah belum adanya naungan regulasi dari pemerintah juga menjadi salah satu penyebabnya.

Peluang NFT di Indonesia

NFT sebenarnya sudah mulai hadir dari tahun 2014, namun pada bulan Maret 2021, NFT menjadi populer dan banyak diperbicangkan. NFT meroket sejak seorang digital artist bernama Mike Winklemann (Beeple) menjual karyanya yang berjudul “Everyday: The First 5000 Days” seharga $69.3 juta atau setara lebih dari Rp 1 Triliun Rupiah.

Hadirnya NFT di Indonesia sendiri masih terbilang baru, namun karena dinilai cukup menguntungkan, beberapa orang mulai tertarik dan mencoba mencari peruntungan melalui NonFungible Token ini.

Selain dalam bentuk seni, NFT juga disukai para pemain game. Hal ini dikarenanakan selain bisa ditamatkan, game NFT juga memberikan komisi atau penghasilan kepada penggunanya melalui reward yang ada di dalam permainan.

Menurut beberapa pakar, NFT dapat dijadikan kesempatan besar bagi parai seniman bertalenta untuk menunjukkan passion  yang dimiliki, sehinggan hal ini bisa dijadikan sebagai pendorong bisnis kreatif di Indonesia.

Dari sisi kolektor, NFT juga dapat membantu content creator, artis, gamers, dan sebagainya dalam memperluas ekspos karya seninya hingga go internasional, sehingga mereka bisa mendapatkan royalti meskipun kepemilikannya aset tersebut telah berubah.

Dari beberapa penjelasan di atas, NFT memiliki kesempatan untuk dikembangkan dan dijadikan peluang yang cukup menjajikan di Indonesia. Selain itu, NFT juga memiliki peran dalam mengurangi peran pihak ketiga, sehingga para seniman dapat memiliki royalti atau penghasilan tanpa takut hasil karya seninya ditiru, diduplikasi, ataupun direkayasa.

Setelah memahami penjelasan di atas, masihkah kamu tertarik untuk berinvestasi menggunakan NFT? Apabila tertarik, lakukanlah pengenalan dan investigasi lebih mendalam terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan. semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>