Bagaimana Cara Membeli Aset NFT? Yuk Simak 4 Tips ini

Bagi kamu yang berniat mengoleksi aset digital NFT, baik untuk kesenangan pribadi atau untuk dijual kembali, yuk ikuti 4 tips berikut ini.
28  
       

Bagi kamu yang berniat mengoleksi aset digital NFT, baik untuk kesenangan pribadi atau untuk dijual kembali, yuk ikuti 4 tips berikut ini.

4 Cara Membeli Aset Digital NFT

Pembelian aset NFT dapat dilakukan melalui berbagai marketplace seperti OpenSea, Mintable, SuperRare, Rarible, NFT Gateaway, dan platform lainnya. Pembelian itu sendiri dilakukan dengan menggunakan berbagai macam jenis mata uang. Namun, beberapa marketplace memilih mata uang kripto tertentu sebagai metode pembayarannya.

Setiap paltform, pada umumnya memiliki cara yang hampir sama dalam setiap proses pembeliannya. Hanya terdapat beberapa detail kecil saja sebagai pembedanya. Sebagai contoh, kami akan memberikan beberapa tips untuk melakukan pembelian aset NFT di marketplace Mintable secara mudah dan singkat, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka Mintable di Browser yang kamu miliki. Tampilan awalnya akan seperti gambar dibawah ini.

Pastikan kamu sudah Login atau mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembelian.                  Seperti yang terlihat pada gambar, Mintable menggunakan mata uang kripto Ethereum dan Ziliqa sebagai                    metode pembayarannya.

2. Cari koleksi aset digital yang kamu inginkan dengan menekan kolom pencarian yang ada dibagian pojok kiri atas. Kamu juga bisa memilih Type koleksi yang diinginkan dengan menekan kolom Type yang terletak di sebelah kolom pencarian.

3. Kamu bisa menggunakan menu filter untuk mempermudah dalam menemukan koleksi yang kamu inginkan. Menu filter tersebut diantaranya memuat categories, Other Options, Sort by, dan Price yang ada dibagian kiri gambar.

4. Apabila kamu sudah menentukan koleksi yang kamu inginkan, kamu bisa langsung menekan button Buy Now” dan ikuti tahap – tahap yand diminta. Setelah semua proses selesai dilakukan, kamu bisa langsung mendapatkan koleksi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menekan button Buy With Kredit Card” jika kamu merasa tidak memiliki cukup dana untuk melaukan pembelian, maka opsi ini adalah pilihan yang tepat.

5 Marketplace selain Mintable untuk Membeli Aset Digital NFT

Pada dasarnya setiap platform memiliki tahapan yang berbeda – beda dalam prakteknya, namun prinsip yang digunakannya tidak akan jauh berbeda. Berikut ini merupakan marketplace yang bisa kamu gunakan saat akan membeli aset digital NFT, yaitu:

  1. Opensea

Berbasis blockchain Ethereum, OpenSea tidak hanya menyediakan karya dan collectible items dalam bentuk token ERC-271, tetapi juga ERC-1155. Untuk menggunakan OpenSea, diharuskan memiliki wallet Ethereum terlebih dahulu.

  1. SuperRare

Didirikan pada tahun 2017, platform ini memungkinkan para seniman dapat menampilkan karya ekslusif mereka tanpa takut dipalsukan. Untuk bergabung di SuperRare, para seniman harus melewati seleksi tim kurator terlebih dahulu. Jika lolos, seniman hanya dapat mengunggah karyanya secara tunggal dengan pendapatan yang akan diperoleh sebesar 85 persen.

  1. Rarible

Merupakan NFT peerto-peer terdesentralisasi yang memberikan penggunanya pengalaman perdagangan NFT yang mulus. Rarible memungkinkan seniman untuk mengunggah karyanya secara tunggal maupun koleksi. Uniknya, platform ini dapat membuat pengguna ikut serta dalam perubahan Rarible itu sendiri.

  1. Nifty Gateaway

Diluncurkan pada tahun 2018, platform ini menawarkan penggunanya untuk berinvestasi dalam aset kripto, yang disebut ‘nifties’. Platform ini populer untuk pembelian game crypto seperti cryptokitties dan Gods Unchained. Setiap transaksi yang digunakan oleh Nifty Gateaway di fasilitasi melalui kartu kredit.

  1. Decentraland

Berdiri sejak tahun 2020, platform ini berupaya memberikan hak penuh kepada pengguna dan pencipta NFT. Semua aset yang dimiliki oleh pengguna biasanya akan disimpan dalam kontrak pintar yang didasarkan pada Ethereum. Dengan demikian, Decentraland dianggap sebagai pasar seni NFT paling aman dan kredibel.

Demikian informasi mengenai tahapan untuk membeli aset digital NFT dan beberapa marketplace yang bisa digunakan sebagai media untuk melakukan pembelian aset digital tersebut. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>