Tips dan Inspirasi untuk Freelancer di bidang Jasa atau Service

Freelance adalah pekerja lepas yang bekerja sendiri dan tidak terdapat ikatan jangka panjang kepada klien atau orang yang memberikan proyek.

Tips dan Inspirasi untuk Freelancer di bidang Jasa atau Service

Freelance adalah pekerja lepas yang bekerja sendiri dan tidak terdapat ikatan jangka panjang kepada klien atau orang yang memberikan proyek.
74  
       

Freelance adalah pekerja lepas yang bekerja sendiri dan tidak terdapat ikatan jangka panjang kepada klien atau orang yang memberikan proyek.

3 Hal Penting untuk Menaikan Nilai Jasa

Desainer, Editor, dan Programmer kalian harus punya tiga konsep ini untuk menjual service kalian secara mahal, tapi sebelum kita ke point ke 1 kita ke point ke 0 dulu yaitu.

  • Step 0: What Are You Selling?

Apa jasa service atau skill kalian yang bisa dijual ke orang? Misalnya kalian suka desain fashion kalian dalam editor kalian bisa belajar dulu di youtube, sekolah desain, atau baca-baca buku, artikel. Sampai ditahap kalian sudah percaya diri bahwa skill saya ini bisa dibayar oleh klien. Sebenarnya itu adalah yang paling mudahnya point 0, karena kalian bisa belajar dulu kembangkan skill kalian sebelum kalian jual ke orang lain.

  • Step 1: Market Value

Misalnya kalian sudah belajar desain dan kalian tau skill kalian itu setara dengan senior desainer, point 1 ini kalian coba googling kira-kira berapa gaji rata-rata senior designer? Contohnya Kita ketemu angkanya 16 juta/bulan kalo misalnya kalian daftar dengan skill kalian, gaji kalian itu 16 juta/bulan, itu sebenarnya (Benchmark For Market Value) tolak ukur yang paling mudah yang bisa kalian lakukan untuk menentukan market value kalian. Kalo sebagai karyawan ada 8 jam sehari dan 20 hari kerja/bulan untuk gaji 16 juta lalu kita pecah lagi 16 juta : 160 jam yaitu 100 rb/jam kerja.

  • Step 2: Multiplier

Hal-hal apa yang kalian bisa lakukan atau kalian pelajari untuk meningkatkan hourlead kalian, tapi ini benar-benar diluar dari skill desain kalian. Misalnya ada dua senior designer yaitu designer A dan designer B yang skillnya sama-sama mirip tapi designer yang satu bisa menjual servisnya senilai 10 juta dan designer yang satu hanya bisa menjual servisnya senilai 2 juta. Nah, yang membedakannya itu adalah Multiplier, walaupun skillnya mirip tetapi ada hal-hal yang diperhatikan klien yaitu Negosiasi, Persentasi, Company Profile, Portofolio. Hal-hal itu yang bisa membuat powerlead kalian yang tadinya 100 rb bisa kalian x5 multiplier. Jadi, kalian bisa jual 500 rb/jam atau bahkan 1 juta/jam. Bagimana cara menaikan multiplier? yang paling mudah adalah dengan cara meningkatkan portofolio brand, mereka otomatis akan meningkatkan brand kalian dimata mereka. Dan biasanya point ke 2 ini adalah yang paling mudah karena kalian belajar negosiasi atau belajar Interpersonal skill.

  • Step 3: Business Value

Ini adalah point yang sulit kalau kalian hanya terfokus di point 1 dan point 2 karena kalian itu lebih fokus ke apa yang diri kalian sendiri bisa bawa ke klien. Ini waktu saya, ini effort saya, dan ini harganya. Tapi di point ke 3 kalian harus bisa melihat secara bisnis kalian hanya bisa bawa berapa value ke bisnis klien. Contohnya kalian membuktikan bahwa dengan kalian bikin logo ini omset klien akan naik 10x lipat. Mudahnya 10x lipat itu 10M wajar jika kita meminta 1M atau misalnya kalian sebagai Programmer kalian bisa membuat sistem yang menghasilkan omset klien menjadi sekitar 1T dan wajar jika kalian minta 100M. Nah, hal itu sebenarnya yang membedakan Freelance yang biasa-biasa (Normal) dengan Paul Rand dia bisa menyakinkan Steve Jobs dengan visual addicted ini (Persuasion skill) company dia akan bernilai berkali-kali lipat bisa membawa visualnya, membawa emosi untuk customer yang melihat atau membeli produk next ini.

Dan inilah yang membedakan Freelance dengan penghasilan dibawah 10 juta sampai 100 juta dan sampai miliyaran. Skill kalian kan selalu dinilai dari apa Value = Impact yang kalian bawa ke klien. Semakin kalian bisa buktikan semakin bisa kalian berkomunikasi ke klien, dan semakin besar upah atau gaji yang akan kalian dapatkan. Di point ke 3 ini sudah bukan lagi berdasarkan jam kalian kerja atau seberapa Experience kalian tapi kalian harus bisa membaca atau memahami apa sih yang kalian bawa ke customer ini. Money Follows Value, Value yang kalian berikan ke klien itu yang akan mereka bayar ke kalian.

Demikian artikel tentang ‘Tips dan Inspirasi untuk Freelancer di bidang Jasa Service’. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Sumber dari: https://www.instagram.com/tv/CNULepABAPz/?igshid=10qfxm168f1la

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>