Seputar Pasang Iklan Google ADS

Artikel ini cocok untuk pemula atau bahkan orang yang belum faham terkait pemasangan iklan di Google Ads
480  
       

Google ADS atau iklan baris di Google tujuanya yaitu mengiklankan kata kunci yang telah kita setel sebelumnya supaya dapat diklik oleh pengguna. Tombol atau link pada iklan itu disebut dengan CTA (Call to Action). CTA ini biasanya ada targetnya, apakah akan menuju produk yang kita pasang di Marketplace, atau pada situs web bahkan Link WhatsApp.

Sebelum pasang Google Ads

Ketika mau pasang Google ADS biasanya ada keyword yang dibidik. Keyword atau kata kunci tersebut akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian. Jika kata kuncinya cocok dengan yang kita iklankan maka biasanya iklan yang kita setel di Google ADS akan muncul.

Satuan Iklan Google

Satuan iklan Google ada 2, yaitu:

  1. Impression, 1 Impression berarti 1000 kali tampil iklan.
  2. CPC atau Click Per Pay.

Dari jenis iklan ini berbeda harganya tergantung rame tidaknya suatu kata kunci yang kita bidik.

Setelan pengaturan kata kunci

Setelan kata kunci terbagi kedalam 2 bagian, yaitu BROAD dan NON-BROAD.

  1. Kalau BROAD, kata kunci yang ada di perluas.
  2. Kalau NON-BROAD, kata kunci eksak seperti yang di setel sebelumnya dan cocok pas seperti apa yang di setel pas pasang iklan.

Kategori pengguna target iklan

Setelah iklanya telah berjalan akan bertemu dengan 3 jenis pengguna, yakni:

  1. Hot Market -> kondisi dimana orang tertarget dan memang mau beli produk kita dengan keyword yang kita iklankan.
  2. Warm Market -> kondisi dimana orang tertarget dan setengah-setengan untuk beli produk kita dengan keyword yang kita iklankan.
  3. Cold Market -> kondisi dimana orang tertarget dan tidak ingin membeli produk kita

Berapa orang jumlah target iklan kita?

Mengingat jumlah pengguna pencarian Google itu 40.000 tampilan per detik (menurut riset 2019 di https://www.internetlivestats.com/) jadi untuk mendapatkan 1 impression itu bisa dilalui hanya dengan kurang dari 1 detik.

Kisaran biaya iklan di Google Ads

Berapa biaya iklan di Google? biaya iklan di Google ADS ada beberapa kriteria:

  1. Click Per Pay
  2. Per Impression
  3. Pay as You Go, atau unlimited

Selain itu juga nominal ditentukan oleh populer tidaknya kata kunci tersebut

Cara pembayaran Iklan Google Ads

Bagaimana cara bayar Google ADS, biasanya pakai Kartu Kredit.

Contoh Ngiklan di Google ADS.

Misalkan kita akan iklan dengan menggunakan keyword Software House Kutawaringin. Karena keyword tersebut tidak terkenal, maka sudah dipastikan harga per impression-nya pasti murah.

Sebaliknya jika kita iklan dengan menggunakan keyword Gamis Syari, tentu saja pasti mahal karena kata kunci tersebut pasti sudah dipakai dengan harga iklan yang lebih mahal.

Cara Pasang Google Ads

Pertama, pastikan Anda menggunakan browser versi terbaru. Google Ads kompatibel dengan versi terbaru Firefox, Internet Explorer, Safari, dan Chrome.

Login ke Google Ads

Sebelum login, pastikan sudah memiliki akun Google. Google Ads menggunakan akun google untuk loginnya. Kemudian buka link iniberanda Google Ads. Kemudian, klik tombol Get Started.

Cara Pasang Iklan di Google Ads

Setelah login, nanti akan masuk ke halaman dashboard. Kemudian tekan tombol new campaign.

Memilih Jenis Iklan

Setelah itu nanti akan masuk ke halaman jenis campaign (jenis iklan). Pilihlah jenis iklan yang cocok untuk kebutuhan kamu. Disana ada beberapa pilihan mulai dari jenis iklan sales, branding, website dan sebagainya. Setelah itu pilihlah Kriteria penampilan iklan, disana ada beberapa pilihan mulai dari tampilan ketika searching di google, tampilan muncul di channel google adsense dan seterusnya. Setiap jenis iklan memiliki tahapan yang bervariasi, pastikan tidak salah mengisi. Kemudian apabila sudah selesai klik tombol continue yang ada pada bagian bawah halaman.

Pemasangan Iklan Google Ads Tahap-1

Setelah klik tombol continue, akan ada pilihan lanjutan. Dari tahap ini ada 4 tahapan lagi yang harus dilalui. Pada tahap 1 ini, kita harus mengisi budget iklan yang akan digunakan untuk mengiklan, contoh 100000 (Rp 100.000). Pastikan diisi juga sesuai kebutuhan. Apabila sudah selesai, klik tombol Save and Continue yang ada dibagian bawah halaman untuk setiap halamannya.

Pemasangan Iklan Google Ads Tahap-2

Kemudian pada tahap ke-2 kita akan mengisi grup ads, ini di lanjut saja. dengan cara klik tombol Save and Continue yang ada dibagian bawah halaman.

Pemasangan Iklan Google Ads Tahap-3

Pada tahap ke-3 akan ditampilkan preview ketika iklan kita tayang. Disini silakan isi kata kunci yang berhubungan dengan iklan anda.

Pemasangan Iklan Google Ads Tahap-4

Pada tahap ke-4 itu adalah bagian review dan cara pembayaran. Disini biasanya butuh Kartu Kredit untuk melakukan pembayarannya sebelum iklan dapat benar-benar tayang. Namun, untuk beberapa bank seperti Jenius Virtual Card, Bank BNI Virtual Card dan Bank Permata sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran untuk Google Ads.

Demikian, kalau ada kesalahan mohon dikoreksi. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>