Memulai mengembangkan bisnis ke ranah digital dengan SEO

Teknologi Digital mungkin salah satu perusak bisnis. Namun, SEO hadir sebagai solusi pemanfaatan dari teknologi digital ini.
40  
       

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis anda adalah dengan menggunakan SEO. Tapi, SEO ini hanya berlaku untuk produk digital seperti website dan aplikasi. Jadi bagaimana jika anda belum memiliki produk digitalnya? Kali ini akan dibahas secara lengkap apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis anda supaya berkembang dengan memanfaatkan Digital Marketing.

Langkah Awal

Ada baiknya sebelum memulai mengembangkan ke ranah digital, kita harus memetakan terlebih dahulu tentang harapan dari pemasaran digital untuk bisnis anda. Berikut ini adalah contohnya:

  • Saya ingin bisnis saya dapat dicari dengan mudah di Google
  • Saya ingin brand saya gampang di cari di Instagram
  • Saya ingin ada pemesanan lewat Online

Dari contoh harapan tersebut, kita akan ambil salah satu contoh yang pertama saja. Dari contoh yang pertama, ada kata dapat dicari dengan mudah di Google ini berarti, produk anda harus terdaftar di mesin pencari Google. Setelah ini apa saja yang harus saya lakukan? Tentu saja anda harus membuat bisnis anda menjadi digital dulu.

Membuat Produk Digital

Tidak jarang produk digital ini masih membingungkan untuk sebagian pelaku bisnis. Tidak dipungkiri, membuat produk digital sudah pasti ada biaya tambahan yang keluar, namun kali ini yang akan dibahas adalah yang paling mudah dan murah terlebih dahulu. Dengan demikian anda tidak perlu berat hati dan muluk-muluk harus punya website atau aplikasi. Anda cukup membuat ketiga hal ini. Apa sajakah? mari kita lihat selengkapnya.

Membuat Facebook Page

Membuat facebook page untuk bisnis anda adalah hal yang pertama kali harus anda lakukan. Pada dasarnya, Facebook dan Google sudah memulai Hidden MOU untuk hasil pencariannya. Silakan anda coba cari di Google bisnis milik orang lain (tentunya yang sudah membuat facebook pagenya) ini pasti ada di halaman pertama pencarian Google. Caranya cukup mudah namun bersyarat. Lengkapi selengkap-lengkapnya halaman facebook untuk bisnis anda tersebut. Sampai persyaratan verifikasi seperti nomor telepon KHUSUS untuk bisnis anda dan biasanya dimintai juga tentang SIUP, rekening, dan dokumen fisik lainnya. Syarat dokumen ini cukup anda scan dan hasilnya nanti upload di halaman pengaturan facebook pagenya.

Membuat Akun Google Plus

Ini sebenarnya yang sering orang lupakan, disadari atau tidak Google Plus ini memiliki peranan penting untuk hasil pencarian di Google Maps. Oleh karena itu, hal yang kedua harus dilakukan adalah membuat Google Plus Page untuk bisnis anda. Syaratnya juga cukup sama dengan Facebook Page yang penting lengkapi selengkap-lengkapnya supaya lebih cepat proses verifikasinya. Jika sudah, maka anda bisa langsung membuat Place di Google Maps.

Membuat Place di Google Maps

Jika anda sudah memiliki halaman Google Plus untuk bisnis anda, pembuatan place di Google Maps biasanya otomatis. Tapi yang otomatis ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu, anda bisa membuat proses ini menjadi semakin cepat adalah dengan menambahkan bisnis anda ke Google Maps secara manual. Jika sudah sampai tahap ini, berarti anda sudah membuat 3 buah produk digital untuk menunjang bisnis Anda. Selamat!

Memeriksa Bisnis Anda Di Mesin Pencari

Setelah produk digital anda berhasil dibuat, hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah memeriksa apakah produk digital anda sudah masuk ke mesin pencari atau belum. Caranya ialah, kita akan mencoba-coba mencari nama bisnis kita di Google, di Facebook, di Google plus, dan di Google maps. Jika belum ada hasil, maka bisnis kita belum ke index oleh mesin pencari. Biasanya proses indexing ini bisa lambat atau cepat tergantung dari masing-masing kemampuan mesin pencari. Seperti contoh Google. Untuk akun Google Plus sendiri, ini memerlukan waktu 3-14 hari tergantung pagenya aktif atau tidak. Sementara untuk Google Maps, jika ditambahkan manual maka anda harus terverifikasi terlebih dahulu supaya dapat muncul di pencarian.

Selanjutnya apa yang harus saya lakukan?

Jika anda sudah sampai ke tahap ini, satu hal yang belum anda lakukan itu adalah SEO atau Search Engine Optimation. Anggap saja produk digital anda sudah bisa dicari di mesin pencari dengan kata kunci nama bisnis anda. Tapi tentunya, orang lain tidak akan mungkin mencari nama bisnis anda begitu saja bukan? Oleh karena itu, dari tahap ini dibutuhkan SEO untuk mengoptimalkan kata kunci apa saja yang akan di arahkan langsung ke dalam bisnis anda. Pemilihan kata kunci ini akan didasari pada potensi bisnis yang anda jalani. Jadi, hal yang perlu anda lakukan sekarang adalah memulai merinci apa saja yang menjadi fitur dalam bisnis anda. Sehingga bisa menghasilkan kata kunci yang optimal untuk bisnis Anda.

Demikian. Semoga Membantu.