Penjualan Produk Digital, Apa yang menjadi Fiturnya?

Fitur dalam produk digital maupun produk fisik sebetulnya sama saja. Namun, yang berbeda adalah perlakuannya.
172  
       

Kunci dari berjalannya sebuah bisnis adalah jualan. Sebagus apapun produknya, kalau tidak bisa dijual tetap saja akan sia-sia. Oleh karena, diperlukan 3 hal ini untuk menjual suatu produk. Adapun 3 hal ini adalah Feature, Advantages, dan Benefit. Kali ini kita akan membahas tentang fitur dalam produk digital.

Feature

Feature dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan kata fitur. Namun, apa arti dari kata fitur itu sendiri? Sebelum melihat artinya dalam bahasa Indonesia, ada baiknya kita melihat pengertian fitur berdasarkan bahasa inggris.

Pengertian fitur dalam bahasa Inggris

Feature is a prominent or distinctive aspect, quality, or characteristic. Dalam bahasa Indonesia kata tersebut berarti bahwa fitur itu adalah suatu aspek, kualitas atau ciri yang menonjol. Adapun pengertian lainnya adalah feature is a special attraction, atau dalam bahasa Indonesia berarti sesuatu yang memiliki daya tarik khusus.

Pengertian Fitur

Dari kedua pengertian tersebut fitur dapat disimpulkan sebagai ciri khas yang menonjol dari suatu produk sehingga menjadi daya tarik. Namun, tidak jarang daya tarik ini bisa berupa sesuatu yang aneh, yang membuat perhatian, ataupun membuat kontroversi. Dengan demikian, untuk pemilihan fitur ini haruslah tepat dan memiliki nilai yang baik sehingga bisa tepat guna untuk meningkatkan nilai dari suatu produk.

Feature By Practice

Fitur  dalam penggunaan sehari-hari banyak sekali ditemukan khususnya didalam produk elektronik. Seperti contoh LG Smart TV. LG membuat produk TV yang biasa menjadi seakan-akan smart atau pintar. Kalau kita tanya, pintar dari mananya? Tentu saja jawabannya adalah sebuah TV yang bisa melakukan segalanya. Seperti buka Youtube, Main Game, Memainkan film dari flashdisk / Hard Disk Eksternal, dan lainnya. Fitur yang sedemikian banyaknya ini kemudian disingkatlah menjadi Smart TV.

Fitur dalam produk Digital

Tidak jarang ada yang bertanya, bagaimana fitur untuk produk digital? Ini sebetulnya sama saja. Kita ambil contoh dari GMAIL. Gmail adalah layanan email gratis dari google yang memiliki kapasitas sebesar 8GB. Jadi fitur dari GMAIL ini adalah kapasitas penyimpanan secara cuma-cuma sebesar 8GB. Namun, apakah sekarang masih menjadi fitur?

Memang kalau dilihat jaman sekarang, ah segitu mah kecil! Memang benar jika dibandingkan dengan flashdisk saja, 8 GB itu relatif kecil. Namun, kita harus melihat kembali beberapa tahun yang lalu disaat flashdisk masih 128MB dan itupun masih barang langka. Waktu itu google sudah memulai layanan emailnya sebesar 2 GB untuk satu Email. Dan itu merupakan salah satu yang luar Biasa.

Terus apa yang menjadi fitur GMAIL?

Nah ini dia bedanya, perbedaan fitur antara produk fisik dengan produk digital sangatlah mencolok jika diukur dengan waktu perkembangan zaman. Dalam produk digital, fitur ini akan cepat obsolete atau basi. Sehingga perlu inovasi yang berkelanjutan untuk tetap bisa bersaing dalam bisnis. Adapun fitur yang diusung GMAIL ini adalah All-In-One solution. Ini memang tidak kita sadari, namun banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan, dari mulai penyimpanan kontak secara cloud, GTALK atau chatting antar pengguna gmail dengan otomatis, integrasi ke Android, integrasi ke GoogleDocs, dan Google Developer Console. Fitur all-in-one ini menjadi strategi cemerlang, yang membuat google tidak bisa disaingi oleh kompetitornya.

 

Demikian. Semoga membantu.