Mengatasi Error This Drive Is Busy Now Yamaha PSRS 950

Ketika merekam audio ke dalam Flashdisk, tiba-tiba muncul error Error This Drive Is Busy Now. Beginilah Cara Mengatasinya.
1020  
       

Yamaha PSRS 950 merupakan salah satu keyboard elektronik yang bisa digunakan untuk memutar Midi, Style, dan juga file audio seperti Wav atau Mp3. Salah satu keunggulan keyboard Yamaha PSRS 950 yaitu kemampuan pengolahan Audio yang luar biasa handal. Namun, ketika ingin menyimpan hasil rekaman kedalam bentuk audio, sering kali muncul error Error This Drive Is Busy Now. Bagaimanakah cara penyelesaiannya? Mari kita lihat pemaparannya.

Dugaan Awal

Dugaan awal dari error ini saya kira berasal dari file flashdisknya sendiri ada sekitar 35 ribu file yang terbagi kedalam beberapa folder. Kemudian saya terpikir untuk menghapus sebagian filenya melalui komputer.

Menghapus File lewat Komputer

Setelah menghapus file dan menyisakan yang pentingnya saja, kemudian saya coba kembali proses rekaman audio. Namun, ternyata hasilnya masih gagal. Kemudian, saya terfikir untuk memformatnya saja.

Memformat flashdisk lewat komputer

Karena masih tidak berhasil dengan langkah sebelumnya, maka saya coba format flashdisk tersebut melalui komputer. Dan ternyata, hasilnya sama saja. Terjadi error di detik ke 7 pada saat melakukan rekaman Audio.

Mengganti Flashdisk

Kemudian saya mencoba dengan menggunakan flashdisk yang lain yang juga telah di format, dan ternyata hasilnya malah lebih parah. Di detik ke 3 sudah muncul error.

Solusi

Pada akhirnya saya menyerah, karena telah mencoba beberapa cara diatas tidak kunjung berhasil juga. Dan akhirnya saya cari di buku Manual. Ternyata, model keyboard Yamaha PSRS 950 ini memang ada beberapa issue terkait penggunaan flashdisk. Flashdisk yang bisa digunakan hanya flashdisk merek tertentu, tentunya yang original. Jadi tidak bisa menggunakan sembarangan flashdisk. Error ini juga berlaku untuk semua tipe PSRS 9xx.

Memilih Flashdisk

Flashdisk yang bisa digunakan untuk merekam audio ini, haruslah khusus. Flashdisknya tidak boleh diisi yang lain, hanya digunakan untuk merekam saja. Meskipun untuk beberapa kasus ini bisa, namun error ini pasti akan muncul kembali.

Spesifikasi flashdisk

Berikut ini adalah spesifikasi flashdisk yang bisa digunakan untuk merekam audio di PSRS 9xx.

  • Versi USB: USB 2.0
  • Kapasitas Maksimum: 8GB
  • Kecepatan Tulis Data: >= 3 MB/s

Model Flashdisk

Adapun model flashdisk yang bisa digunakan antara lain:

  • Flashdisk Toshiba Transmemory 8GB Original USB 2.0
  • Flashdisk Verbatim Professional Pendisk 32GB USB 2.0
  • Flashdisk Transcend JetFlash 600 8GB USB 2.0

Format melalui Keyboard

Setelah mempunyai flashdisk yang memenuhi kriteria, kemudian coba format flashdisknya melalui keyboard. Jangan melalui komputer. Adapun caranya ialah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Function
  2. Kemudian setelah muncul halaman function, geser ke tab media
  3. Setelah muncul tampilan media, nanti ada menu format. Silakan ditekan aja tombol yang ada perintah formatnya
  4. Kemudian coba langsung merekan audio untuk testingnya. Cukup 20 Detik saja. Kalau misalkan sudah lancar, berarti flashdisk sudah aman digunakan

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>