Improvisasi Bisnis Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Produk dan servis yang ditawarkan harus bisa memenuhi ekspektasi konsumen.
680  
       

Apa itu QFD?

Quality Function Deployment atau metode QFD ini cukup populer digunakan sebagai salah satu metode pendekatan dalam melakukan improvisasi bisnis. Karena semakin tingginya level kompetisi dalam suatu bisnis, tentunya dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk tetap bisa bertahan melawan kompetitor. Metode QFD ini merupakan salah satu metode dari Jepang yang digunakan untuk menciptakan rancangan produk dan servis berdasarkan keinginan pelanggan.
Dalam metode QFD ini ada istilah yang dikenal dengan suara pelanggan atau Voice of Customer (VOC). Pada bagian ini menjelaskan seberapa besar suara pelanggan mempengaruhi rancangan dari produk dan servis yang akan ditawarkan. Metode QFD ini bisa membantu para pembisnis untuk memberikan produk dan servis yang tepat dan bisa memberikan kepuasan pada pelanggan. Dalam metode QFD juga ada istilah rumah kualitas atau House of Quality (HOQ). Dimana rumah kualitas ini mampu menggambarkan rincian setiap poin dari langkah-langkah penggunaan metode QFD ini.
Bagian penting dalam QFD
Dengan menggunakan metode QFD ini, diharapkan sebuah bisnis bisa berjalan sesuai rencana dan mampu memenuhi ekspektasi pelanggannya. Selain itu dalam menghadapi kompetitor, pendekatan metode QFD ini bisa menjadi bekal untuk melancarakn strategi yang berhubungan dengan pangsa pasar. Dimana anda bisa mengevaluasi bagian mana dari bisnis anda yang masih harus diperbaiki, ditingkatkan atau dipertahankan.
Untuk memahami metode QFD ini, anda bisa menyimak beberapa penjelasan mengenai bagian penting yang terdapat dalam metode ini, yaitu:
1. Voice of customer (VOC), adalah suara pelanggan mengenai apa sebenarnya yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka terhadap produk atau servis dari bisnis anda.
2. Voice of design (VOD), adalah bagaimana cara anda secara teknis untuk memenuhi setiap VOC tersebut. Dengan kata lain, VOD adalah cara dimana bisnis anda bisa memenuhi ekspektasi pelanggan.
3. Relationship of matrix dan correlation, adalah dimana anda bisa melihat hubungan dan korelasi antara VOC dan VOD dengan perhitungan khusus.
4. Competitor evaluation, dimana anda melakukan penilaian terhadap kompetitor sebagai perbandingan.
Itulah penjelasan singkat mengenai metode QFD yang bisa digunakan para pelaku bisnis untuk melakukan improvisasi. Melalui rancangan produk dan servis yang diberikan bisa memenuhi ekspektasi pelanggan dan memuaskan pelanggan.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>