Menambahkan Platform Android di Cordova Project

Cordova dapat membuat aplikasi html menjadi aplikasi android. Bagaimanakah cara menambahkannya? Mari kita lihat selengkapnya!
609  
       

Cordova merupakan framework untuk membuat aplikasi supaya jalan di beberapa platform, salah satunya android. Bagaimanakah cara menambahkannya? Hal apa sajakah yang harus dipersiapkan? Mari kita lihat selengkapnya!

Menginstall Cordova

Untuk menambahkan platform ke cordova, pastikan bahwa anda telah menginstall cordova. Lihat Cara install apache cordova di nyingspot.com.

Membuat atau Membuka Cordova Project

Jika anda belum membuat project cordova, lihat disini Cara membuat project cordova. Sesudah itu buka command line, kemudian masuk kedalam folder projectnya, setelah itu eksekusi berikut kode ini.

Sebelum menambahkan platform android

Sebelum menambahkan platform android, pastikan bahwa Android studio beserta Android SDK / Android OS ISO nya sudah terdownload dan terinstall di sistem anda. Dan jangan lupa, JDK versi terakhir juga harus sudah terinstall.

Berikut ini link download untuk install Android Studio. Download Android SDK + Android Studio. Proses ini akan memakan waktu cukup lama karena android studi beserta SDK nya kurang lebih didownload dengan ukuran 3 GB.

Kemudian link download JDK bisa didapatkan langsung dari Situs JavaOracle.

Menambahkan platform ke Cordova

Sebelum menambahkan Android platform ke Cordova, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Pertama jika anda belum pernah install JDK atau android studio, pastikan anda harus restart dulu sistem operasi anda, supaya Environment Java dan Androidnya sudah masuk kedalam sistem operasi. Yang kedua, pastikan internet yang anda gunakan cukup kencang dan stabil, karena proses download android platform termasuk gradle didalamnya akan memakan waktu cukup lama dan tidak ada progressnya hanya tampilan console.

Untuk langsung menambahkan platform android, langung saja eksekusi code dibawah ini didalam console.

$ cordova platform add android --save

 
Dengan demikian platform android sudah bisa ditambahkan didalam cordova.

Perintah –save

Perintah –save berarti platform yang akan digunakan disimpan dihardisk secara lokal, jadi jika digunakan untuk addplatform lagi nanti sudah bisa.

Langkah selanjutnya

Setelah menambahkan platform, anda sudah bisa membuild apk dari cordova. Berikut ini adalah kodenya.

$ cordova build android

Lokasi APK

Adapun lokasi apknya sendiri ada didalam folder, folder_project/platform/android/build/outputs/apk/.

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>