Menambahkan Api Key Di Api Google Maps Javascript

Berikut ini akan dikupas bagaimana cara menambahkan API KEY pada Google Map API Javascript.
479  
       

Salah satu API yang sering digunakan untuk Aplikasi LBS (Location Based Service). Selain gratis, dokumentasinya pun sama dukungan komunitasnya lebih banyak. Sehingga Google Maps Api ini dapat dikategorikan terhadap penggunaan yang mudah.

Apa itu Google Maps API?

Google Maps Api merupakan salah satu API paling populer didunia, bukan hanya penggunaannya yang bisa disebut Gratis dalam penggunaan waktu tertentu tapi mampu memberikan fungsi dan pengalaman terbaik dalam penggunanya. Google Maps API dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan guna memberikan pengalaman terbaik terhadap penggunannya.

Manfaat Google Maps API

Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam menggunakan google maps API

Dapatkan data lokal

Beri aplikasi Anda akses penuh ke basis data Google di seluruh dunia yang berisi lebih dari 100 juta cantuman bisnis dan tempat menarik menggunakan Google Places API.

Beri rute terbaik kepada pengguna Anda

Dengan petunjuk arah mengemudi di 199 negara, Directions API memungkinkan Anda membantu pengguna menemukan cara mereka menuju toko, hotel, dan tujuan Anda lainnya.

Dapatkan akses penuh

Dengan citra visual Street View yang akurat, pengguna Anda dapat melihat tempat yang akan mereka kunjungi bahkan sebelum tiba di sana.

Fitur Teknis

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada didalam Maps Api

Penelusuran Bisnis dan Tempat Menarik / Point Of Interest

Google Maps API memberi aplikasi Anda akses penuh ke basis data Google di seluruh dunia yang berisi lebih dari 100 juta cantuman bisnis dan Tempat Menarik. Ingin menunjukkan lokasi bar, kedai kopi, bandara, atau toko kelontong terdekat kepada pengguna? Anda dapat memberikan daftar tempat yang sudah difilter yang paling relevan untuk pengguna.

Analytics

Dapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai cara pengunjung situs web berinteraksi dengan peta Anda menggunakan Analytics untuk Google Maps.

Penelusuran Bisnis dan Tempat Menarik

Google Maps API memberi aplikasi Anda akses penuh ke basis data Google di seluruh dunia yang berisi lebih dari 100 juta cantuman bisnis dan Tempat Menarik. Ingin menunjukkan lokasi bar, kedai kopi, bandara, atau toko kelontong terdekat kepada pengguna? Anda dapat memberikan daftar tempat yang sudah difilter yang paling relevan untuk pengguna.

Petunjuk Arah

Google Maps API menyediakan mesin perutean Google yang canggih untuk aplikasi Anda. Anda dapat membuat rute hingga di antara 23 lokasi untuk mengemudi, berjalan kaki, atau bersepeda. Hingga 3 rute alternatif ditawarkan dan pengguna dapat menyeret rute pada peta untuk melakukan perubahan. Rute dapat menghindari jalan tol atau jalan raya, dan waktu tempuh dapat dikurangi dengan memperhitungkan urutan yang optimal untuk mengunjungi setiap lokasi.

Matriks Jarak

Jika aplikasi Anda harus cepat memutuskan waktu dan jarak tempuh di antara beberapa pasang lokasi, Anda dapat menggunakan layanan Matriks Jarak dari Google Maps API. Misalnya, jika Anda membuat pencari lokasi dan ingin menawarkan cara memfilter hasil berdasarkan waktu mengemudi, layanan Matriks Jarak merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengevaluasi lokasi mana yang berdekatan yang perlu disertakan.

Waktu Perjalanan Prediktif

Google Maps API memberikan waktu perjalanan prediktif berdasarkan data waktu historis setiap harinya.

Static Maps

Static Maps API dapat menghasilkan gambar peta dengan dukungan untuk pin, garis, bentuk, dan pemberian sentuhan gaya.

Street View

Google Maps API memungkinkan Anda menyematkan panorama Street View ke dalam aplikasi. Anda dapat mengontrol arah tampilan panorama, merespons perubahan tampilan yang dipicu oleh pengguna Anda, dan menambahkan elemen interaktif seperti penanda, jendela munculan, atau bahkan gambar panorama Anda sendiri.

Peta dengan Sentuhan Gaya

Tampilan dan nuansa Google Maps sudah tidak asing serta tepercaya di seluruh dunia, namun jika Anda membutuhkan sesuatu yang sedikit berbeda, Google Maps API memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gaya peta sesuai kebutuhan. Anda dapat menyederhanakan peta untuk menarik lebih banyak perhatian terhadap data Anda, atau mengubah gaya peta agar cocok dengan bagian aplikasi Anda yang lain.

Dukungan untuk Berbagai Perangkat

Google Maps API memastikan peta Anda akan berfungsi di browser web dan perangkat seluler terkemuka. Layar beresolusi tinggi dideteksi dan peta disesuaikan secara otomatis guna memastikannya tetap benar-benar tajam dan jelas.

Menambahkan API Key ke Javascript

Untuk menambahkan API KEY ke kedalam script javascript google maps api, sebetulnya cukup mudah. Tinggal tambahkan parameter GETnya. Contoh.


Demikian. Semoga Membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>