Cara Install Apache Cordova atau Phonegap di Windows

Apache Cordova atau Phonegap merupakan framework berbasis html dan javascript yang digunakan untuk membuat multiplatform aplikasi dengan hanya satu kode pemrograman.
1114  
       

Apache Cordova atau Phonegap merupakan framework berbasis html dan javascript yang digunakan untuk membuat multiplatform aplikasi dengan hanya satu kode pemrograman. Apache Cordova atau Phonegap cocok untuk pembuatan aplikasi mobile seperti android, ios, smart tv, windows phone dan masih banyak lagi. Apache Cordova atau Phonegap memiliki API yang dapat meretas inti perintah device layaknya aplikasi native di mobile. Sehingga memungkinkan untuk membuat aplikasi yang lebih komplek.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan dulu komputer kita sudah terinstal dengan GIT dan NodeJS.

Langkah-langkah

Buka windows powershell dengan kekuasaan administrator. Setelah terbuka jalankan code berikut.

npm install -g cordova

Biarkan prosesnya berjalan. Proses ini bisa lama atau cepat tergantung dari koneksi yang anda punya. Jika proses nya telah selesai, maka cordova pun telah selesai diinstallkan dan siap untuk digunakan.

Kelemahan

Seperti yang kita ketahui, web bukanlah aplikasi native. Framework ini berjalan layaknya web biasa, namun sebagian aset disimpan didalam device sehingga kelihatan cepat. Namun, masih banyak sekali kekuranganya seperti lag, belum stabil tiba-tiba force close, dan hambatan untuk membuat aplikasi yang menggunakan API device yang dalam.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>