Membuat Iklan di Facebook

Iklan facebook merupakan layanan iklan yang disediakan oleh facebook, tapi apakah iklan ini efektif? mari kita simak selengkapnya!
32  
       

Iklan facebook merupakan layanan iklan yang disediakan oleh facebook, tapi apakah iklan ini efektif? Iklan facebook atau sering kali disebut dengan facebook ads, fb ads merupakan salah satu marketing tools yang mainstream dikalangan internet marketers yang ditujukan untuk branding. Kenapa branding? Kenapa tidak langsung Sales? Mari kita lihat selengkapnya!

Sekilas tentang Facebook Ads

Iklan facebook atau sering kali disebut dengan facebook ads, fb ads adalah layanan pengiklan yang disediakan oleh facebook untuk membidik iklan terhadap pengguna facebook. Membuat iklan di facebook itu sangat mudah, bahkan u untuk orang yang baru memulai sekalipun. Namun, apakah nanti iklannya akan sesuai dari harapan? Oleh karena itu penting sekali untuk menyimak beberapa pemaparan di artikel-artikel ini.

Target Ads

Apakah target dari iklan facebook bagus dan terjamin? Tentu saja ini bisa iya bisa tidak. Ketika kita bicara tentang big number, semuanya akan terasa sangat kecil untuk mengkonversi visitor dengan sales.

Sumber Target Facebook Ads

Facebook Ads mengambil target dari beberapa item profile usernya. Seperti tempat tinggal, umur, gender, profesi, dan analisis lebih dalam lainnya terkait status dari penggunanya. Memang terlihat seperti sulap dan disisi lain itu bahaya, karena facebook bisa mengetahui apa yang kita pikirkan dan bahkan apa yang menjadi minat kita selanjutnya. Tapi jangan khawatir, facebook ads jenis ini tidak dapat dilakukan oleh user. Analisis mendalam ini sementara hanya dilakukan oleh facebook untuk kepentingan internalnya saja.

Memulai iklan di facebook

Ada beberapa tahapan untuk mengiklankan difacebook. Tapi ini juga bergantung pada tujuan daripada ads yang akan di publish.


facebook-ads-contoh-nyinspot

Tentukan Tujuan dari Iklan yang akan di Publish

Pertama-tama tentukan tujuan dari iklan tersebut. Bisa dimulai dari apa yang anda cari dari Brand terhadap khalayak atau bisa juga fokus terhadap bagaimana brand tersebut itu jualan apa, atau brand itu seperti apa. Dari hipotesis tersebut baru bisa di lengkapi mulai dari kisaran usia, gender, lokasi, pekerjaan sehingga bisa tertarget.

Awareness / Kesadaran

Hal yang pertama harus dilakukan sebelum lebih jauh adalah memastikan isi dari iklan yang akan dipublish itu adalah awareness. Awareness secara bahasa berarti sadar, atau membuat sadar, atau menyadarkan orang-orang tentang apa yang akan kamu bangun. Tidak usah memberikan konsep yang terlalu besar dan sempurna. Cukup yang sederhana, tapi awareness-nya sampai.

Mendatangkan Traffic

Pada dasarnya inti dari iklan adalah mendatangkan traffic, baik secara online maupun Offline. Hal yang pertama kali disuguhkan adalah baik online atau offline harus ada. Jangan sampai Online saja atau offline saja. Karena pengguna facebook itu sangat fleksibel, ada yang suka offline dan offline. Tergantung dari masing-masing kebiasaan.

Artikel Selanjutnya akan dibahasa lebih lanjut tentang online dan offline traffic conversion, sampai dengan teknis beriklan di facebook. Pantau terus ya 😉