Apa itu FOB?

Dalam dunia expor impor, FOB ini pasti sering ada dalam spesifikasi barang. Apa itu FOB? Mari kita lihat selengkapnya.
5375  
       

Bagi beberapa orang yang ingin mendalami tentang expor impor barang, FOB mungkin terlihat asing. Dan juga biasanya FOB ini pasti sering ada dalam spesifikasi barang massal disitus sourcing dunia. Apa itu FOB? Mari kita lihat selengkapnya.

Pengertian FOB

FOB singkatan dari Freight on Board, biasanya diartikan sebagai harga beli di tempat penjual tidak termasuk ongkos kirim misal FOB Singapore, atau FOB Jakarta, jadi harga tersebut masih harus ditambahkan ongkos kirim.
 

Pengertian CNF

CNF singkatan dari Cost and Freight, kalau yang ini sudah termasuk ongkos kirim atau penerimaan barang sampai di tempat (pelabuhan penerima).
 

Pengertian LC

Pembayaran menggunakan LC biasanya disiapkan sewaktu pemesanan barang. Dalam hal ini LC disiapkan oleh importir. Jika semua sudah siap kirim, exportir akan menyampaikan ke bank dan bank akan mencairkan dana di LC setelah barang dikirim dari pelabuhan exportir.

LC adalah letter of credit.

Penjelasan lanjut tentang FOB

reight on board (FOB),Eksportir menyerahkan barang di tempat yang ditentukan (di atas kapal). Biaya yang dibayarkan eksportir meliputi pemuatan dan pengikatan, termasuk mengamankan kargo agar tidak terguncang di gudang kapal, sehingga melindungi kargo dari lantai kapal untuk mencegah terjadinya gelinciran, dan perlindungan terhadap kerusakan akibat kondensasi. Dari sinilah peran freight forwarding berasal.

Freight Forwarding

Freight Forwarding dalam beberapa kegiatan pengiriman barang. Pengiriman barang Jenis ini sangat diminati oleh importir di Indonesia. Selain terjadi keseimbangan resiko, juga terjadi dalam keseimbangan Biaya. Karena importir hanya bertanggung jawab sampai dengan barang naik ke kapal. Sementara, exportir bertanggung jawab terhadap barang ketika kapal melaju.

Dokumen yang harus ada di Freight Forwarding

Berikut ini beberapa hal yang sering ada didalam Freight Forwarding:
1. Shipping Instruction (SI) merupakan dokumen yang dibuat oleh eksportir mengenai pemesanan ruang kapal berikut container yang dapat pula menjadi dasar pembuatan bill of lading. Shipping Instruction antara lain memuat tentang : shipper, consignee, notify party, final destination, volume, delivery term, L/C No, date of stuffing, closing time, vessel.
2. Bill of landing (B/L). Isinya seputar jasa pembayaran ketika barang sudah sampai tujua.
 

Hubungan lainnya

Disamping FOB, ada juga syarat jenis lainnya seperti Free Along Ship (FAS), Cost and Freight (CFR), dan Cost Insurance and Freight(CIF). Masing-masing jenis tersebut biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau hasil negosiasi baik dari importir maupun exportir.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>