Perbedaan antara Website dan Blog bagian 2

Pada bagian kedua ini akan dipaparkan apakah itu website, apakah itu blog. Mari kita baca selengkapnya!
22  
       

Setelah kita mengetahui tentang hubungan internet dan website, kita akan menjelaskan apa perbedaan website dan blog. Pada bagian kedua ini akan dipaparkan apakah itu website, apakah itu blog, sebenarnya blog itu bagian dari website bukan sih. Mari kita baca selengkapnya!

Pengertian Website

Website seringkali disebut dengan web, dimana dalam website ini minimal ada sebuah alamat yang tertaut pada komputer aktif  yang disebut dengan server. Website atau situs web biasanya menyediakan berbagaimacam isi. Baik terkait dengan judul atau nama hostname nya, maupun tidak. Untuk membuka web dibutuhkan aplikasi khusus namanya web browser. Dari web browser, tentunya kita harus mengetahui alamat situs yang akan dibuka bukan? Hal ini telah dibahas dibagian pertama.

Sebetulnya website itu adalah aplikasi yang mana hanya dapat dibuka dengan baik melalui browser. Namanya aplikasi pasti ada aplikasi statis, yang isinya hanya begitu saja. Contoh aplikasi statis ini ketika kita membuat web menggunakan html+css saja tanpa ada logikanya didalam seperti menggunakan template dreamweaver.

Web dinamis, adalah web yang isinya itu dapat berubah-ubah. Seperti facebook, ketika kita pasang status pasti langsung muncul kan? berarti itu isinya tidak statis melainkan dinamis. Web dinamis inilah yang sebetulnya akan menjadi titik fokus, blog itu masuk ke ranah yang mana.

Website ketika dilihat dari isinya

Pada dasarnya ketika kita buka google, itu adalah website. Namun ketika kita menggunakan google kita pasti langsung tahu bahwa google itu mesin pencari atau search engine. Kemudian kita buka tokopedia, sebelum kita tahu tokopedia pasti disebut website. Setelah menggunakan tokopedia, maka kita akan tahu bahwa itu ecommerce. Begitu juga dengan website ini (nyingspot) Nyingspot ini adalah blog,tapi sebelum tahu atau sebelum baca artikel ini mungkin ada beberapa yang tidak tahu bahwa ini adalah blog.

Pengertian Blog

Blog adalah suatu website yang menitik beratkan pada isi didalamnya. Isi dari blog biasanya berupa artikel, galeri, video, dan lain-lain. Blog sendiri biasanya dapat diisi dengan komentar. Jadi blog disini sebetulnya website juga. Website yang berupa blog nyingspot adalah salah satunya.

Penyedia Blog

Penyedia layanan blog banyak, ada blogspot / blogger, wordpress, dan lain-lain. Blog ada yang self hosted, ada yang tidak. Yang self hosted contohnya nyinspot.com. Sementara yang bukan seperti drosanda.wordpress.com. dan masih banyak lagi.

Website di zaman sekarang

Sementara, pengertian website itu sekarang lebih bergeser kearah custom. Contoh saya mau membuat website mirip bukalapak, engine atau cms yang mirip buka lapak persis memang belum ada. Jadi ketika kategorinya belum ada, maka disebutlah website.

Sementara, jika saya mau membuat website seperti nyingspot. Maka, itu adalah pembuatan blog. Karena nyingspot isinya adalah artikel.

Website yang dibangun dari nol atau from scratch istilahnya, biasanya dibangun menggunakan framework seperti, laravel, code igniter (CI), dan framework lainya. Atau bahkan ada website yang dibangun dengan ASP, PHP, dan JSP. Semua itu pada dasarnya sama aja. Ingin mendistribusikan informasi, sementara untuk enginenya lebih kepada kemampuan atau fungsi didalam websitenya.

Kesimpulan

Content Driven Engine atau Content Management Sistem (CMS), merupakan aplikasi website yang menitik beratkan pada isinya saja. Bukan cara pembuatan website tersebut. Semua aplikasi web itu adalah website, tapi ketika kita melihat isinya barulah dapat dikategorikan website itu adalah blog atau bukan.

Demikian Semoga membantu.