Kiat-kiat Sebelum Memasang Iklan

Iklan atau ads merupakan suatu media yang disusun sedemikian rupa supaya orang lain mengetahui apa yang kita inginkan.
33  
       

Iklan atau ads merupakan suatu media yang disusun sedemikian rupa supaya orang lain mengetahui apa yang kita inginkan. Iklan itu bisa berisi tulisan, gambar maupun animasi. Iklan disusun semenarik mungkin, tapi terkadang makna yang disampaikan tidak jarang missed. Bahkan tidak jarang juga iklan itu tidak berhasil bisa disebabkan oleh teknis maupun non teknis. Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat sebelum memasang iklan.

Siapkan Banner

Banner merupakan senjata utama dalam membuat iklan. Banyak sekali yang harus diperhatikan sebetulnya, tapi terkadang tidak jarang diabaikan. Dari semua yang ada didalam banner sebetulnya hanya 3 hal yang menjadi titik utama yaitu:

1. Judul

Didalam judul, apa yang mau disampaikan. Tidak usah terlalu bertele-tele, cukup intinya saja. Tujuannya adalah supaya orang bisa tertarik dan aware terhadap banner yang dibuat. Judul sebisa mungkin dibuat lebih tebal. Barulah setelah itu judul dibuat seartistik mungkin.
contoh tulisan judul:
Promo, Menarik, Buktikan dan lain sebagainya.

Facebook Ads

Jika ingin pasang banner di facebook Ads, tulisan tidak boleh banyak-banyak. Terkadang sangat sulit untuk di approve oleh facebook ads team karena terlalu banyak teks dalam gambar.

2. Gambar

Gambar sebetulnya hanya pemanis. Yang benar peduli sama gambar itu hanyalah kita pihak yang membuat banner. Dari beberapa pengalaman saya, gambar tidak memiliki impact yang cukup terhadap awareness user. Jujur saja, orang lebih peduli terhadap tulisan dibanding gambar.

Trik Tombol CTA

CTA atau Call To Action seringkali disebut dengan tombol ini sangat penting, meskipun secara teknis seluruh bagian pada banner bisa di klik, namun untuk user yang awan tombol CTA ini sangat berguna. Biasanya tombol CTA ini dibuat sangat kontras dan katanya cukup berisi Buy, Get, Join Now, Register, Beli Aja, dan masih banyak lagi.

Siapkan Konten

Konten merupakan hal yang harus disiapkan. Setelah beriklan dengan banner, mau diarahkan kemana banner tersebut? Jangan sekali-kali membuat iklan dengan konten yang Geje. Karena memperbesar kemungkinan untuk iklan tersebut tidak berhasil karena diabaikan. Konten disini bisa berupa nomor customer service, alamat website, bahkan email.

Banyak Konten VS Sedikit Konten

Beberapa cara untuk menembak iklan dapat dibedakan dari jumlah konten. Untuk banyak konten ini harus benar-benar ditujukan kepada sekumpulan konten. Sekumpulan konten ini harus sangat menarik dan memiliki aturan-aturan didalam banner lagi didalamnya. Seperti judul, gambar dan CTA yang dapat memikat customer untuk menjelajahi lebih jauh. Tentu saja hal ini akan repot sekali jika kita membuat Landing page khusus dengan banyak konten. Maka dari itu, landing page ini biasanya digenerate dari sekumpulan artikel dalam satu kategori. Bukan menuju Homepage ataupun detail produk.

Berbeda dengan sedikit konten, Landing page disini akan mengistimewakan satu atau beberapa produk saja. Tentunya masih dengan prinsip banner tadi. Bagaimana untuk konten yang hanya memiliki nomor telepon atau email? Sebetulnya sama saja. Tinggal di banner tadi secara jelas cantumkan email atau nomor telepon tidak usah panjang yang penting Catchy

Demikian. Tunggu artikel selanjutnya.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>