Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal kedengaranya seperti muluk-muluk. Tapi, tunggu dulu jaman sekarang ini pasti bisa berhasil!
55  
       

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal kedengaranya seperti muluk-muluk. Tapi, tunggu dulu kali ini Nyingspot akan share tentang pengalaman jualan online benar-benar tanpa modal. Meskipun ya memang membutuhkan gadget, koneksi internet dan komputer, tapi ini diasumsikan sudah ada bisa pinjam atau sudah punya. Mari kita simak selengkapnya.

Pendahuluan

Seperti biasa, sebelum bisnis kita butuh insight, ide maupun masukan lainnya supaya kita benar-benar yakin untuk menjalani bisnis. Ada beberapa pertanyaan untuk memulai bisnis, kalau mau bisnis pasti ada sesuatu yang harus kita jual baik itu barang maupun jasa. Mau jualan jasa kita tidak mempunyai kemampuan yang cukup sementara mau jualan barang kita tidak punya modal untuk membuat atau membelinya. Tapi, ini benar-benar bisa terealisasi. Iya dengan berbagai fasilitas di jaman sekarang hal ini sudah sangat mungkin bisa.

Riset Awal

Dijaman E-Commerce dan marketplace yang sudah sangat maju di Indonesia, mari kita tengok beberapa website yang bisa kita gunakan buat riset. Diantara sekian banyaknya ada yang menjadi perhatian paling menarik buat saya yaitu TokoPedia,BukaLapak, dan OLX. Untuk riset awal coba kita buka situs tersebut satu per satu. Kemudian cari tahu tentang produk apa yang laku atau lagi trending di situs tersebut. Sehingga, kita bisa mempersempit produk atau jasa apa yang bisa kita berikan atau kita jual supaya untung.

Mendalami TokoPedia

Coba kita buka tokopedia, kemudian cari produk di kategori kesehatan. Setelah itu urutkan berdasarkan penjualan. Kemudian klik produk yang paling kiri atas. Lihat Screenshot.
 
riset-awal-tokopedia-urutan-penjualan

Kemudian lihat detailnya, dari screenshot bisa dilihat jumlah pembelian, jumlah pengunjung (viewer count) dan Harga dari produk tersebut.
 
riset-awal-tokopedia-jumlah-penjualan
Didalam screenshot terlihat bahwa terjadi penjualan 17,1 Ribu dari Harga Rp. 35.000 atau bisa kita hitung total pendapatan yang didapatkan 17.100 * 35.000 =Rp. 598.500.000 Sangat mencengangkan bukan.

Analisa Lebih lanjut terhadap produk terbanyak

Dari 22,9 ribu pengunjung terjadi penjualan sekitar 17,1 ribu. Artinya conversion rate atau rata-rata orang yang beli dengan orang tidak beli 75 : 25. jadi kalau dari 100 orang yang mengunjungi pasti 75 akan membeli produk ini. Keren bukan? Sampai sini kamu pasti sudah bisa menghitung atau mengetahui bagaimana cara memilih produk yang akan dibeli. Silakan dicoba sendiri di produk yang lain.

Mendalami OLX

Olx atau dulu tokobagus, ini merupakan salah satu media iklan yang bisa digunakan untuk memasang produk atau jasa kamu secara gratis maupun berbayar. Kalau dilihat, OLX ini sangatlah bebas isinya. Bisa mulai dari jual Rumah, Tanah, Mobil, Handphone, bahkan jual jasa juga bisa. Sangat cocok untuk kamu yang mau jualan jasa atau produk second.

Mendalami BukaLapak

Pada dasarnya bukalapak tidaklah jauh beda dengan Tokopedia. Namun disini ada konsumen yang loyal terhadap ketiganya. Jadi, untuk menambah kesempatan kamu dalam berbisnis. Biasakan untuk mengikutsertakan juga bukalapak supaya menambah kesempatan untuk konsumen yang lebih percaya terhadap bukalapak.

Demikian semoga membantu. Artikel lanjutannya segera menyusul.