Inilah 6 Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler Saat Ini

Ramainya pemberitaan mengenai investasi mata uang digital kripto saat ini, tentu perlu juga diketahui jenisnya, apa saja? Yuk simak.
20  
       

Ramainya pemberitaan mengenai investasi mata uang digital kripto saat ini, tentu perlu juga diketahui jenisnya, apa saja? Yuk simak.

Mengenal Jenis – Jenis Mata Uang Kripto

Pada umumnya orang – orang hanya mengenal Bitcoin sebagai mata uang digital kripto. Padahal, pada kenyataannya jenis mata uang kripto sangat beragam. Per Mei 2021 ini saja, sudah terdapat 5000 lebih jenis mata uang kripto yang terdaftar di Investing.com, sebuah situs keuangan global. Namun, dari sekian ribu jenis mata uang kripto tersebut, hanya beberapa jenis saja yang berhasil menguasai pangsa pasar.

Berikut ini 6 jenis mata uang kripto yang cukup populer di kalangan para investor.

  1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto populer dan paling sering diperdagangkan. Pertumbuhan uang kripto bitcoin sering mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Namun, per tahun 2021 ini, pertumbuhan bitcoin semakin menurun sampai dikisaran 500 Juta. Hal ini dikarenakan adanya cuitan dari salah satu tokoh teknologi Elon Musk yang berisikan kritikan terhadap mata uang bitcoin. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh China yang mulai menghentikan penggunaan bitcoin sebagai salah satu alat pertukaran digital.

  1. Ethereum (ETH)

Mata uang populer berikutnya adalah Ethereum (ETH). Ethereum banyak diperdagangkan karena pencairan dananya tergolong mudah. Asep kripto Ethereum merupakan mata uang digital yang menerapkan konsep smart contract yang memungkinkan developer untuk merilis aplikasi di smartphone.

Pada tahun 2016, Ethereum sempat mengalami serangan parah, sehingga harus dipecah menjadi 2 bagian yaitu Ethereum (ETH) dan Ethereum Classic (ETC). Meskipun demikian, Ethereum tetap memegang posisi puncak pada saat dengan kapitalis pasar sebesar $14.623 miliar dan harga $139.27 per token.

  1. Cardano (ADA)

Cardano diciptakan oleh salah satu co founder Ethereum, Charles Hoskinson. Menurut Investopedia, Cardano termasuk blockchain pertama dunia yang sistemnya lebih efisien. Cardano sukses memangkas waktu proses pembayaran Internasional dari beberapa hari menjadi hanya beberapa detik saja. Pada tahun ini, Cardano menempati urutan yang cukup bagus di pasaran dan harganya pun semakin tinggi. Hal ini menjadikan Cardano sebagai mata uang kripto yang paling aman.

  1. Litecoin (LTC)

Litecoin dibuat berdasarkan model Bitcoin sebagai mata uang kripto peer to peer, bahkan dijuluki sebagai adik dari Bitcoin. Namun, Litecoin menawarkan kecepatan transaksi yang lebih unggul serta batas total token lebih tinggi. Aset kripto Litecoin juga memiliki likuiditas yang tinggi. Bahkan untuk sekarang, Litecoin masih dijadikan andalan para investor.

 

Baca Juga: Mengenal Blockchain dan Cara Kerjanya

 

  1. DogeCoin (DOGE)

Sekarang ini, nilai mata uang kripto DogeCoin sedang melejit di pasaran dan untuk tahun ini pertumbuhannya telah melonjak lebih dari 12.000 persen. Hal ini dikarenakan cuitan Elon Musk, salah satu tokoh teknologi berpengaruh dunia, yang menyebutkan DogeCoin sebagai salah satu aset yang layak diperhitungkan. Bahkan, ia menggunakan DogeCoin sebagai salah satu alat transaksi terbaru di perusahaannya untuk menggantikan peran Bitcoin. Merujuk pada laman Nasdaq, pemegang Dogecoin berpeluang menggunakan uang digital tersebut untuk membeli barang dan jasa atau menukarnya dengan mata uang lain.

  1. Ripple (XRP)

Ripple dirancang sebagai jaringan transaksi terpusat untuk digunakan oleh system perbankan dalam melakukan transaksi. Koin XRP atau Ripple adalah aset kripto incaran investor karena market cap-nya terbesar. Kapitalisasi pasarnya 2,8 persen dan terus naik hingga 500 persen selama 2021. Mata uang kripto terbaik Ripple berasal dari perusahaan Amerika Serikat.

Mata uang dalam jaringannya bersimbol XRP. Jadi, uang konvensional akan dikonversi terlebih dahulu menjadi XRP untuk dikirim melalui jaringan Ripple, kemudian dikonversi kembali menjadi uang konvensional ketika ditarik tunai. . Konsep XRP tidak terdesentralisasi, sehingga menciptakan proses pembayaran (Transfer) secara transparan.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis mata uang kripto terpopuler saat ini. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>