Langkah untuk Membuat Akun Google Analytics

Google analytics adalah tool wajib bagi pemilik usaha website yang digunakan untuk memantau dan menganalisis data website yang dikelola.

Langkah untuk Membuat Akun Google Analytics

Google analytics adalah tool wajib bagi pemilik usaha website yang digunakan untuk memantau dan menganalisis data website yang dikelola.
25  
       

Google analytics adalah tool wajib bagi pemilik usaha website yang digunakan untuk memantau dan menganalisis data website yang dikelola.

Apa itu Google Analytics?

Google analytics adalah perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk menganilis dan memantau kinerja suatu website. Mulai dari pelacakan, pengecekan kesalahan atau error, mengetahui jumlah pengunjung dan yang paling penting untuk mendapatkan informasi terkait pengunjung atau aktivitas pengunjung pada suatu website.

Hasil analisis google analytics dapat dijadikan sebagai acuan dalam merencanakan dan membuat konten yang lebih baik lagi bagi customer. Google analytics juga merupakan pintu bagi pemilik usaha website dalam mengembangkan situs web yang dimilikinya.

Tutorial Membuat Akun Google Analytics

Pembuatan akun google analytics ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, cukup dengan mengikuti beberapa tutorial berikut ini Anda sudah dapat membuat akun google analytics. Langkah – Langkahnya antara lain sebagai berikut :

  1. Buka browser yang Anda miliki. Kemudian ketikkan Google Analytics di mesin pencari dan pilih website resminya.

      2. Buka menu Admin yang terletak di bagian paling bawah menu sidebar. Setelah itu klik button Buat Akun.

             

      3. Isi kolom dengan nama akun yang Anda punya, misalkan diundangdotcom. Lalu klik button Berikutnya                yang terletak dibagian paling bawah.

      4. Isi kolom Nama Properti, misalnya https://www.diundang.com. Kemudian klik tanda panah yang                       terdapat pada kolom zona waktu dan mata uang untuk memunculkan modal. Pilihlah lokasi, waktu, dan                 mata uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah pengisian selesai klik button Berikutnya.

      5. Klik tanda panah pada Pilihan Kategori untuk memunculkan modal. Pastikan Anda memilih kategori                        produk sesuai dengan yang Anda miliki. Lalu pilih salah satu ukuran bisnis yang Anda miliki saat ini baik itu                usaha kecil, sedang, besar, atau sangat besar. Dan jangan lupa berikan tanda ceklis pada opsi pilihan                              (pertanyaan) yang terletak dibawah ukuran bisnis. Jika pada bagian pilihan kategori dan pertanyaan tidak                ada yang sesuai dengan bisnis Anda, pilih saja opsi ‘Lainnya’.

      6. Klik button Buat apabila semua proses telah Anda penuhi. Dan klik button Sebelumnya apabila data yang                Anda masukkan dirasa masih keliru.

      7. Jika Anda membutuhkan kode ID Pengukuran, klik menu Aliran Data. Menu ini dapat Anda jumpai apabila              proses pembuatan akun telah selesai dilaksanakan.

      8. Setelah itu akan muncul data berbentuk tabel. Klik simbol web yang tersedia pada tabel, lalu informasi                          mengenai kode ID pengukuran akan muncul.

Demikian Artikel Langkah untuk Membuat Akun Google Analytics menurut pengalaman yang telah saya rasakan. Semoga dapat membantu dan mempermudah Anda dalam proses pembuatannya. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>