Cara Mengaktifkan SQLite3 di PHP Windows

SQLite merupakan database yang berdiri sendiri berbasis single file. Cocok untuk digunakan sebagai database dari microservice.
57  
       

SQLite merupakan salah satu database yang berbasis satu file utama, dimana file tersebut akan berisikan tabel beserta datanya yang telah di enkripsi. Kelebihan penggunaan SQLite ini adalah selain memiliki tingkat portabilitas yang tinggi, juga tidak memerlukan resource yang juga karena SQLite ini sudah ada bawaan dari PHP, jadi tidak usah install aplikasi lain. Seperti database relasional lainnya, SQLite termasuk kedalam database berelasi seperti MySQL, MariaDB, dan PostgreSQL.

Kenapa harus mengaktifkan SQLite?

SQLite didalam PHP memang sebetulnya jarang digunakan, namun biasanya ini perlu untuk aplikasi yang membutuhkan development yang cepat tanpa harus menggunakan database pihak ke-3. Biasanya, dalam bawaan paket XAMPP sqlite ini sudah aktif. Namun, kalau anda install PHP nya sendiri, SQLite ini biasanya ada dalam keadaan tidak aktif.

Kelebihan SQLite

Menurut Situs Resmi SQLite-nyauntuk beberapa kasus, SQLite ini lebih cepat jika dibandingkan MySQL ataupun PostgreSQL. Tidak hanya itu juga, SQLite ini sebelum ada MongoDB ini menjadi database favorit untuk digunakan sebagai database untuk chatting. Intinya, SQLite ini bisa digunakan untuk membuat microservice yang memang membutuhkan portability yang cukup baik. Selain itu juga, karena database ini berbasis file, akan lebih cocok jika digunakan untuk Solid State Drive (SSD) yang memiliki kemampuan baca tulis file yang cepat.

Kelemahan SQLite

Adapun kelemahan SQLite itu adalah tidak adanya user privileges atau hak akses user yang jelas. Dengan demikian, databasenya bisa dilihat, diedit, dan dihapus oleh sembarang user. Dan juga, SQLite ini ternyata tidak dapat menampung file lebih besar daripada limit file yang ditentukan oleh masing-masing sistem operasi. Contoh, jika kita menggunakan Linux yang max single file system nya adalah 2 GB, maka maksimum penyimpanan SQLite per file nya itu adalah 2 GB.

Cara Mengaktifkan SQLite3

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan SQLite di PHP Windows.

  1. Pertama-tama buka dulu file php.ini, biasanya untuk XAMPP file ini ada didalam XAMPP/php/php.ini.
  2. Kemudian Edit file php.ini, cari kata kunci sqlite dibagian extension,
  3. kemudian hapus titik koma (;) yang ada didepan extension=php_pdo_sqlite.dll
  4. kemudian hapus juga titik koma (;) yang ada didepan extension=php_sqlite3.dll


  5. Setelah itu cari [sqlite] nanti akan sqlite3.extension_dir = “”, isi dengan sqlite3.extension_dir = “D:\xampp\php\ext”


  6. Silakan disesuaikan aja, karena contoh ini install XAMPP nya di drive D.
  7. Selamat mencoba

Demikian. Semoga membantu.