Cara Menambahkan Api Key di Google Console

Google Api Key sering kali menjadi masalah utama tidak berjalan dengan baiknya aplikasi yang menggunakan Google Api
139  
       

Api key google console dibutuhkan untuk mengizinkan hak akses ke google service supaya berjalan dengan baik. Semua request yang membutuhkan google service sekarang membutuhkan Api Key untuk pengaksesannya. Baik itu untuk Google Maps Api, Google Cloud Messaging, Google Plus Api, dan masih banyak lagi. Tapi biasanya suka lupa cara membuat Api Key-nya dimana. Untuk itu maka akan dibahas secara mendetail di artikel ini.

Masuk ke Google Console

Untuk membuat Api Key, pertama-tama masuk dulu ke google console.

 

Setelah itu pilih menu kredensial di menu kiri. Nanti akan tampil halaman baru untuk membuat Api Key.

 

Jika belum ada, maka tambahkan terlebih dahulu Api Key nya dengan mengklik tombol biru. Tapi, jika sudah ada cukup edit Api Key yang ada kemudian sesuaikan pengaturannya seperti tampilan dibawah ini.

Merubah Api Key yang sudah ada

Biasanya kalau service google di localhost muncul namun di selain localhost tidak muncul, itu biasanya akibat Api Key anda belum pernah di konfigurasi. Untuk mengubah Api Key yang sudah ada, cukup klik di list Api Key di halaman kredensial, sesudah itu nanti akan muncul halaman seperti ini.

Coba lihat kotak yang merah, biasanya Google Service tidak dapat digunakan itu karena Api Key nya dibatasi, oleh karena coba lihat pengaturan yang didalam kotak merah.

Konfigurasi yang ada itu sebetulnya sangat riskan jika kita pilih Tidak Ada. Jadi intinya, kegunaan yang ada di kotak merah itu adalah untuk membatasi siapa saja yang bisa menggunakan Api Key kita. Sebaiknya fitur ini dimanfaatkan dengan maksimal jika sudah memasuki tahap development.

Cara Membatasi Hak Api Key

Untuk membatasi hak akses dari Api Key yang sudah dibuat sebetulnya sangat mudah. Kita tinggal perlu membaut masing-masing api key untuk setiap jenis klien. Contoh jika saya mempunyai tiga aplikasi untuk menggunakan Maps Api, maka saya harus membuat 3 Api Key. Api Key pertama untuk Server, Api Key ke 2 untuk Android, dan Api Key ke 3 untuk iOS. Jika sudah seperti itu, kita tinggal membagikan masing-masing api key, ke developernya masing-masing.

Membatasi Hak Akses Oleh Server

Untuk menghindari pencurian Api Key server, salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan membatasi hak akses oleh server adalah IP Server (Publik). Jadi pastikan, sebelum masuk ke google console kredensial IP Address public nya sudah ditulis terlebih dahulu, lalu masukan ke kolom Ip Addressnya.

Demikian. Semoga membantu.