SEME FRAMEWORK API DOC putJsFooter

Metode putJsFooter merupakan salah satu metode yang ada di controller untuk menambahkan file JavaScript ke view layout.
38  
       

Metode putJsFooter merupakan salah satu metode yang ada di controller untuk menambahkan file JavaScript ke view layout. Dengan adanya metode ini, diharapkan pemanggilan file javascript di HTML dapat berjalan dinamis sehingga tidak memberatkan waktu load web page.

Contoh kasus

Metode ini berawal dari sebuah kasus tentang kebutuhan, bagaimana caranya agar setiap halaman html memiliki javascript yang optimal. Seperti misalkan, ketika ingin mengambil jQUery UI hanya untuk webpage yang membutuhkan jquery ui nya saja. Karena untuk sebuah landing page biasa, yang tidak membutuhkan elemen dari jQuery UI seperti datepicker, ini akan memperlambat waktu load saja.

Kebanyakan programer konvensional, tidak mau pusing. Semua JS di include kan didalam footer yang sama. Sehingga akibatnya eksekusi page untuk mobile view sangat berat karena membutuhkan memory untuk menyimpan script yang banyak. meskipun untuk di PC, ini tidak terlalu terasa.

Bentuk umum putJsFooter

Berikut ini adalah bentuk umum untuk metode putJsFooter.

putJsFooter([URL LENGKAP ke FILE JS TANPA AKHIRAN .JS])

Syarat Penggunaan

Sebelum dapat menggunakan metode ini, metode getJsFooter() harus sudah terdefinisi di view layoutnya. Untuk selengkapnya bisa lihat panduan Cara Membuat Tampilan di Seme Framework.

Contoh penggunaan

Berikut ini adalah contoh penggunaan putJsFooter dengan kasus memanggil file js melalui internal url dan external url.

//untuk url internal base_url = http://foodziah.web.id/
//contoh: http://foodziah.web.id/assets/js/vendor/nprogress.js
$this->putJsFooter(base_url('assets/js/vendor/nprogress'));

//untuk url external
//contoh: http://example.com/assets/js/vendor/nprogress.js
$this->putJsFooter('//example.com/assets/js/vendor/nprogress'));

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>