Mau buka toko online, pilih Woocommerce atau Lapak Instan?

Baik woocommerce maupun lapak instan dibuat dari WordPress. Yang artinya memiliki satu platform yang sama. Namun manakah yang lebih baik?
165  
       

Membuat toko online dengan menggunakan WordPress pasti tidak terlepas dengan namanya Woocommerce atau Lapak Instan. Bagi yang belum tau, Woocommerce atau Lapak Instan itu adalah plugin E-Commerce yang bisa berjalan di WordPress. Dari yang tadinya WordPress itu adalah CMS untuk buat BLOG, dengan salah satu plugin tersebut bisa digunakan untuk membuat TOKO ONLINE.

Kemudian pertanyaan lainnya muncul, kenapa harus WordPress? Karena WordPress itu banyak pluginnya. Adapun plugin yang sudah tersedia seperti SEO, Image Optimizer, Payment Gateway, dan masih banyak lagi. Sebelum lebih jauh melihat kesana, mari kita paparkan satu per satu perbandingan Woocommerce dengan Lapak Instan berdasarkan beberapa kategori. Berikut ini adalah penjelasannya.

Harga

Kalau dilihat dari harga, Woocommerce merupakan salah satu plugin yang sudah tersedia dan terverifikasi di wordpress plugin installer. Harga woocommerce core nya saja itu adalah RP 0 alias Gratis. Sementara untuk lapakinstan itu berbayar. Lapak instan biasanya digunakan untuk Toko Online berbasis wordpress yang sudah lebih maju, atau advanced. Sementara, woocommerce biasanya digunakan untuk orang yang baru mau coba-coba. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang terus melanjutkan toko online profesionalnya dengan woocommerce.

Fitur

Fitur Woocommerce yang paling krusial dan tidak cocok adalah ongkir (ongkos kirim). Pada dasarnya, woocommerce sudah ada plugin tambahanya dari Epeken. namun, yang free hanya JNE REG saja. Sementara untuk Lapak Instan, dukungan pengiriman sudah ada atau bundling didalam corenya, jadi tidak usah install plugin tambahan lagi. Namun ada minus di keduanya, yaitu jasa kurir yang didukung hanya JNE saja.

Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna woocommerce lebih banyak daripada lapak instan, itu sudah pasti. Karena Woocommerce digunakan di seluruh dunia. Namun jika di Indonesia, saya sendiri tidak memiliki data yang cukup untuk memastikan mana yang lebih banyak digunakan.

Support

Untuk dukungan after sales, atau customer service sementara hanya dimiliki oleh Lapak Instan. Untuk woocommerce sendiri, bantuannya hanya bisa dilihat secara komunitas di forum-forum yang ada di internet. Kelebihannya Woocommerce ini adalah karena banyaknya komunitas yang menggunakannya. Sehingga jika ingin turut serta mengembangkan, woocommerce merupakan platform yang cocok.

Harga Tambahan

Seperti yang kita lihat sebelumnya, harga tambahan ini biasanya terjadi di Woocommerce, karena woocommerce ini gratis hanya untuk core nya saja. Sementara, untuk plugin tambahan lainnya seperti ongkir, pembayaran, dan lain-lain biasanya tidak gratis. Jadi kalau disimpulkan, memakai woocommerce itu seperti menggunakan gratis diawal, repot bayar belakangan.

Kesimpulan

Dari setiap pemaparan sebelumnya, bisa kita simpulkan bahwa, woocommerce baik digunakan untuk yang mau mencoba atau memulai menggunakan toko online. Sementara, untuk memulai bisnis “BENERAN” yang sudah tidak usah memikirkan apa-apa lagi Lapak Instan lebih cocok. Namun di keduanya itu, tidak ada yang sempurna. Hanya bagaimana kita bisa memanfaatkannya sejauh mungkin yang kita bisa.

Demikian. Semoga membantu.