Optimasi Gambar JPG Di Linux

apa yang terjadi jika di linux server? Apakah kita akan menginstall Photoshop kemudian kita remote? Mari kita lihat selengkapnya
177  
       

Optimasi Gambar di Windows sebetulnya sangat mudah, bisa menggunakan photoshop salah satunya. Namun apa yang terjadi jika di linux server? Apakah kita akan menginstall Photoshop kemudian kita remote? hehehe. Sebetulnya ada cara yang lebih mudah dan itu sudah tersedia untuk beberapa varian linux. Mari kita lihat selengkapnya.

Mengenal JPEGOPTIM

jpegoptim merupakan salah satu perintah utility yang dikemas secara default di Debian/Ubuntu tapi kalau di varian RHEL ada didalam epel-release. jpegoptim berguna untuk mengoptimasi sekaligus mengatur kompresi file JPEG tanpa mengurangi kualitasnya. Jadi kalau disimpulkan, utility ini berguna menentukan titik optimasi kompresi yang terbaik dengan catatan kualiatas gambar masih dapat diterima.

Kegunaan JPEGOPTIM

Kegunaan jpegoptim sebetulnya lebih berguna jika memiliki banyak file JPG yang akan sangat menyita waktu jika kita rubah satu persatu untuk mengoptimasinya.

Install JPEGOPTIM

Berikut ini adalah tata cara instalasi jpegoptim diberbagai varian linux. Karena cara installnya sedikit berbeda, maka akan dibagi kedalam 2 subbab.

Debian Ubuntu

Untuk menginstal di Debian/Ubuntu kita cukup menjalankan perintah ini sebagai root.

sudo apt-get install jpegoptim

Kemudian tunggu beberapa saat proses instalasinya.

Debian Ubuntu

Untuk menginstal di Debian/Ubuntu kita cukup menjalankan perintah ini sebagai root.

sudo apt-get install jpegoptim

Kemudian tunggu beberapa saat proses instalasinya.

RHEL/Centos/Fedora

Untuk menginstal di RHEL/Centos/Fedora kita cukup menjalankan perintah ini sebagai root.

sudo yum install epel-release

Perinta epel-release ini tidak usah dieksekusi dua kali jika sudah diinstal sebelumnya. Biasanya untuk yang sudah install tools lain seperti htop ada di package ini. Kemudian kita install jpegoptim dengan menggunakan perintah dibawah ini.

sudo yum install jpegoptim

Kemudian tunggu beberapa saat proses instalasinya.

Bentuk Umum

Berikut ini adalah bentuk umum dari jpegoptim.

jpegoptim [parameters] namafile.jpg

Ada beberapa paramter yang tersedia, namun kita akan lewati pembahasannya dulu kali ini.

Penggunaan JPEGOPTIM

Untuk memulai menggunakan jpegoptim sebetulnya mudah saja. Arahkan ke directory yang akan dituju, sehingga akan memudahkan penggunaan optimasinya. Kemudian jalankan kode berikut ini.

Dalam kasus ini kita akan mencoba optimasi folder upload wordpress-nya nyingspot. Untuk kita akan arahkan ke folder wp-content/upload/. Berikut ini adalah contohnya.

cd /home/ec2-user/sites/nyingspot.com/wp-content/uploads/2016/12/
jpegoptim *.jpg

Sangat mudah bukan?

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>