Tutorial Export Data ke CSV menggunakan PHP

Export import data sudah menjadi hal yang lazim. Bagaimana caranya? Mari kita simak Tutorial Export Data ke CSV menggunakan PHP.
765  
       

Export import data sudah menjadi hal yang lazim untuk developer software. Kebutuhan ini biasanya digunakan untuk integrasi dengan sistem lainnya. Misalkan kita akan mengekstrak data dari database untuk diolah didalam Microsoft Excel menggunakan PHP. Ini dia caranya, diasumsikan database telah terkoneksi dan menghasilkan array of array hasil dari request databasenya.

Apa itu CSV?

CSV adalah format teks yang menggunakan koma sebagai pemisahnya. Seperti singkatan dari nama jenis filenya, CSV adalah Comma Separated Value yang artinya setiap nilai dipisahkan oleh koma. Tapi ternyata bukan hanya koma biasa, format CSV itu bisa bebas pemisahnya bukan hanya koma saja.

Bentuk Umum CSV

Isi dari file CSV berbentuk umum seperti ini:

[simbolapit]nilai[tutupsimbolapit][pemisah]

Dari bentuk umum itulah, CSV baru bisa didefinisikan.

Simbol Apit CSV

Simbol apit terdiri dari dua bagian, ini berguna supaya menghindari ke-ambigu-an antara kode pemisah dengan nilai. Contoh jika ada nilai yang isinya teks ada koma didalamnya, maka apakah itu sebuah simbol pemisah atau bukan? ini dapat ditentukan dari simbol apitnya. Adapun kebiasaan simbol apit ini berupa double_quotes dan single_quotes

Simbol Pemisah

Simbol pemisah ini banyak, mulai dari koma, titik koma, bahkan sampai simbol khusus seperti ini ||. CSV biasanya digunakan sebagai basis data sederhana dengan menggunakan file sebagai teknik penyimpanan datanya.

Contoh kode Export CSV

Berikut ini adalah contoh kode export menggunakan script php:

$data['customer'] = $this->db->query("SELECT * FROM namatabel");
$f = fopen("database-namatabel.csv", "w");
$line = array();
$line[] = "nama";
$line[] = "nohp";
fputcsv($f, $line);
unset($line);
foreach ($data['namatabel'] as $line) {
    fputcsv($f, $line);
}

Membuka File CSV

File CSV dapat dibuka di Notepad, Notepad++, dapat dibuka juga melalui Open Office, atau libre Office. Namun jika dibuka dengan microsoft office, biasanya tidak kompatible. Yang jadi masalah adalah separatornya.

Buka CSV dengan Microsoft Excel

Untuk membuka file csv dengan microsoft excel, harus mengunakan titik koma (;) sebagai separatornya (simbol pemisah). Sementara itu, jika ingin berlaku didua arah, anda harus menggunakan fungsi Save As, sehingga masih dapat dibaca oleh Microsoft Excel dan aplikasi lainya.

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>