WordPress Cara Menghilangkan Virus JS GEN2 FAKE JQUERY

Ketika wordpress sudah terinfeksi, maka biasanya jika tidak ditangani lebih lanjut akan di blokir oleh berbagai vendor keamanan internet.
488  
       

Virus Software merupakan salah satu masalah keamanan yang paling vital di dunia digital, begitu juga halnya dengan wordpress. WordPress juga bisa terkena virus. Ketika wordpress sudah terinfeksi, maka biasanya jika tidak ditangani lebih lanjut akan di blokir oleh berbagai vendor keamanan internet. Sehingga ketika kita berkunjung nanti ada pemberitahuan terlebih dahulu yang menandakan situs anda tidak aman.

Virus JS GEN2 FAKE JQUERY sangat mudah dikenali dengan melakukan lihat sumber halaman blog anda (view-source). Pada tag <pre>Header</pre> anda akan melihat spasi yang cukup kosong untuk ukuran skrip. Jika tidak tahu cara untuk membaca kode, bisa menggunakan https://sitecheck.sucuri.net/results/www.nyingspot.com.

nyingspot.com-sucuri-sitecheck-result-virus-free

Penyebab

Banyak sekali penyebab terkenanya virus ini, mulai dari hal teknis hingga non teknis. Adapun detailnya adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Themes Bajakan. Ini yang paling bahaya, seaman apapun server kita, themes bajakan tidak akan pernah menjadi solusi. Cepat atau lambat, wordpress anda pasti terkena virus.
  2. File Permission. Ini biasanya kalau tidak diubah, tidak perlu pengaturan khusus. Tapi kalau sudah pernah diubah, silakan hubungi Layanan pelanggan server anda atau cari di nyingspot tentang file permission yang baik dan aman.
  3. Server, apakah dedicated atau shared hosting? Jika dedicated, kemungkinan terkena virus sangat kecil sekali, tentunya dengan tidak menggunakan themes bajakan ya! Jika menggunakan shared hosting ini yang agak horor, karena meskipun sudah terisolasi antara user nya, namun kesempatan terkenanya akan sangat besar.

Solusi

Untuk menghilangkannya cukup melakukan beberapa langkah mudah yaitu:

  1. Masuk kedalam web server anda. Ini bisa ditempuh dengan melalui FTP atau SSH tergantung dari Penyedia Servernya.
  2. Cari folder theme, biasanya terletak di wordpress/wp-content/themes/nama_themes/
  3. Backup dan Edit file header.php, untuk di windows lebih nyaman jika di edit melalui Notepad++, Mac menggunakan TextWrangler, atau di linux menggunakan Geany.
  4. Setelah dibuka, cari kode disekitaran spasi kosong, biasanya sangat panjang sehingga kalau di scroll ke pinggir atau kebawah agak panjang.
  5. Hapus spasi kosong tersebut sampai ditemukan kode malware JS nya, biasa nya berbentuk kode-kode aneh (kode yang sama sekali tidak terbaca oleh manusia). Kemudian simpan.
  6. Setelah selesai, ganti file permission nya menjadi 0444. Kemudian check wordpress anda, apakah masih bisa berfungsi atau tidak. Jika tidak Rubah lagi jadi 0644 atau 0654.

Demikian

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>