Cara Memeriksa Google AdSense berfungsi atau tidak

Memeriksa google adsense sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Selengkapnya di NyingSpot.com
52  
       

Memeriksa google adsense sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Hanya saja untuk memeriksanya, kita harus melihat sampai level kode yang dirender oleh browser. Sayangnya, tidak semua blogger memiliki kemampuan ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan gambaran yang cukup. Setidaknya memotivasi untuk mengecek sendiri atau bertanya kepada orang yang lebih faham untuk mengeceknya.

Langkah Pertama

Siapkan browser kesayangan kamu, bisa menggunakan Google Chrome atau Firefox. Untuk browser versi lainya juga bisa, tinggal disesuaikan saja.

Menggunakan Google Chrome Inspector

Pertama-tama buka situs kamu menggunakan Google Chrome. Setelah terbuka semua, ingat-ingat bagian yang dipasang Google AdSense. Kemudian sorot pada bagian tersebut klik kanan pilih inspeksi (jika menggunakan bahasa inggris, inspector). Untuk lebih lengkapnya lihat pada screenshot.


google-adsense-check-with-google-chrome-inspector-part-select-element

Kemudian setelah di klik kanan nanti akan muncul halaman inspektornya. Secara default, akan muncul bersatu didalam halaman yang sama. Tepatnya ada dibagian bawah, namun yang akan ditampilkan screenshot ini, halaman inspektornya sudah dipisahkan jendelanya supaya tidak bingung.


google-chrome-inspector-iframe-google-adsense

Bagaimana cara memeriksanya?

Setelah jendela inspektornya terbuka, maka coba cek halaman di bawah tags ins nanti akan ada iframe. Kemudian check lagi, iframe tersebut nanti akan ada url nya atau alamat websitenya. Pastikan alamanya nanti ada aksen googlenya. Jika sudah ada, maka selamat AdSense anda sudah berajalan.

Adakah cara singkat?

Sebetulnya memang ada, coba lihat screenshot yang pertama. Setelah diklik kanan ada pilihan lihat Bingkai. Sebetulnya ini sudah menandakan bahwa google AdSense-nya berjalan dengan lancar. Koq saya sudah klik kanan, tapi tidak ada tulisan lihat bingkai. Nah kelemahan cara ini, elemen yang disorotnya memang harus tepat pada penanaman skrip / kode yang digunakan untuk google adsense. Apakah itu di Widget ataukah didalam page / post itu sendiri.

Kenapa AdSense saya blank?

Ini sangat menarik, coba lihat tulisan saya sebelumnya Kenapa AdSense saya tidak muncul / blank

Demikian. Semoga membantu. Salaam.