Resep Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan skema loyalitas.
64  
       

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan skema loyalitas atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan lebih erat dengan pelanggan mereka.

Tentunya, menjaga hubungan dengan pelanggan harus dilakukan secara terus menerus. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar pelanggan makin dekat dengan bisnis Anda:

Konsisten dalam berkomunikasi dengan mereka
Jika pelanggan Anda berhak untuk menjadi bagian dari skema penghargaan Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengkaitkan dengan kebutuhan mereka saat ini. Bekerjalah dengan keras untuk meraih pemahaman dari pelanggan Anda sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah. Salah satu waktu yang tepat untuk memulai skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.

Relevan
Pastikan hadiah yang Anda tawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan Anda. Dalam suasana sekarang, di mana konsumen terus berhemat, perusahaan yang sukses dalam melahirkan loyalitas mereka menawarkan diskon yang relevan dalam bentuk produk, merek dan waktu.

Progam loyalitas yang sederhana
Jangan memperumit program reward karena mengandung risiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan merek serta membangun hubungan jangka panjang.

Tampil beda
Berikan reward pelanggan Anda dengan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar anda terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di Koran dan situs publik lainnya.

Dengarkan pelanggan Anda
Pelanggan akan merasa lebih terlibat dengan merek jika merasa pendapat mereka didengarkan dan ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan Anda dari sebuah program reward. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan audiens Anda.

Pastikan program Anda menarik
Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah awal selesai ditawarkan, elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah elemen retensi atau hubungan. Sebuah program yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang, dan memberikan hasil yang fantastis. Pelanggan akan terlibat dengan penuh loyalitas dalam skema penghargaan ini jika disajikan dengan cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan menjadi hubungan jangka panjang. (as/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>