Cara Install Android SDK di Windows 2016

Beberapa tahun yang lalu, sangatlah mudah install android SDK. Namun sekarang setelah ada android studio, jadi agak pusing.
51  
       

Sebetulnya, kalau 3 atau 4 tahun yang lalu, sangatlah mudah install android SDK. Tapi semenjak android sdk menjadi salah satu core functional dengan android studio, maka android sdk kini tidak lagi dapat diinstall standalone. Meskipun ada cara lain, tapi untuk yang baru memulai android tentu hanyalah membawa masalah yang seharusnya tidak terjadi. Sebelum Install Android SDK ada hal yang harus diketahui, yaitu install dulu JDK. Kadang-kadang saya sendiri pun lupa ketika akan devel android, ternyata JDK nya belum terinstall.

Sekilas Tentang JDK

JDK atau Java Development Kit merupakan modul untuk developer aplikasi yang memungkinkan mengakses API atau core fungsional dari Java Virtual Machine. Tanpa ini, android sdk tidak ada apa-apanya. JDK digunakan oleh Android SDK untuk menjembatani modul jre atau jar dengan kode yang kita pakai. Selain itu, JDK juga digunakan untuk kompilasi dari kode menjadi aplikasi android APK.

Memulai install android SDK di Windows

Pertama-tama download terlebih dahulu JDK di situs resmi oracle. Pilih paket instalasi yang cocok untuk arsitektur windows anda. Untuk yang 64 Bit, download yang JDK 64. Untuk yang 32 Bit, download jdk i586. Jika bingung, bisa dilihat pada gambar 1.

Cara Download JDK

Pertama anda harus accept agreement dulu, di gambar 1 agreement nya sudah di accept. Kedua pilih versi JDK yang sesuai dengan arsitektur windows anda. Kemudian klik pada link nya. Tunggu sampai downloadnya selesai. Untuk koneksi yang lambat, memang akan cukup membosankan dikarenakan ukuranya yang tidak kecil yaitu 187MB cukup untuk menguras kuota.