Pembangunan Perangkat Lunak secara tradisional dengan waterfall model

Model Waterfall adalah model pertama yang diperkenalkan untuk membangun sistem perangkat lunak sederhana agar mudah dipahami.
1575  
       

Model Waterfall adalah model pertama yang diperkenalkan untuk membangun sistem perangkat lunak sederhana agar mudah dipahami.

Model Waterfall

Model Waterfall untuk analisis dan desain sistem adalah model modern pertama yang mapan untuk membangun sistem. Metode ini awalnya didefinisikan oleh Winston W. Royce pada tahun 1970. Itu dengan cepat mendapat dukungan dari manajer karena semuanya mengalir secara logis dari awal proyek hingga akhir. Sumber berbeda dalam hal langkah – langkah spesifik dalam proses Waterfall, dan Douglas Hughey merinci beberapa perbedaan ini di paragraf berikutnya. Namun, logika dan langkah dasar yang mendasari muncul dengan sendirinya dalam setiap interpretasi.



Tahapan metode Waterfall

Setelah mengetahui apa itu metode waterfall, selanjutnya yaitu tahapan metode waterfall.

  1. Requirements (Persyaratan / Analisis Kebutuhan)

Metode Waterfall membuat asumsi bahwa semua persyaratan dapat dikumpulkan di depan selama tahap persyaratan. Komunikasi dengan pengguna dimuat di depan ke fase ini, karena manajer proyek melakukan yang terbaik untuk mendapatkan pemahaman terperinci tentang persyaratan pengguna. Setelah tahap ini selesai, proses berjalan “menurun”.

  1. Design (Rancangan)

Fase desain paling baik dijelaskan dengan memecahnya menjadi subfase desain logis dan desain fisik. Selama fase desain logis, analis sistem menggunakan informasi yang dikumpulkan dalam fase persyaratan untuk merancang sistem secara independen dari sistem perangkat keras atau perangkat lunak. Setelah desain logika tingkat yang lebih tinggi selesai, analis sistem kemudian mulai mengubahnya menjadi desain fisik yang bergantung pada spesifikasi perangkat keras dan teknologi perangkat lunak tertentu.

  1. Implementation (Penerapan)

Fase implementasi adalah ketika semua kode aktual ditulis. Fase ini milik pemrogram dalam metode Waterfall, karena mereka mengambil persyaratan dan spesifikasi proyek, dan mengkodekan aplikasi.

  1. Verification (Verifikasi / Pengujian)

Fase verifikasi awalnya diminta oleh Royce untuk memastikan bahwa proyek tersebut memenuhi harapan pelanggan. Namun, dalam analisis dan desain dunia nyata, tahap ini sering diabaikan. Proyek diluncurkan ke pelanggan, dan fase pemeliharaan dimulai.

  1. Maintenance (Perintah / Pemeliharaan)

Selama fase pemeliharaan, pelanggan menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Karena masalah ditemukan karena penentuan persyaratan yang tidak tepat atau kesalahan lain dalam proses desain, atau karena perubahan persyaratan pengguna, perubahan dilakukan pada sistem selama fase ini.

Keunggulan metode Waterfall

Setiap metode pengembangan perangkat lunak atau sistem pasti selalu ada keunggulan dan kelemahnya tersendiri, begitupun dengan metode ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari metode Waterfall.

  • Kesalahan desain dicatat sebelum perangkat lunak apa pun ditulis, sehingga menghemat waktu selama fase implementasi.
  • Dokumentasi teknis yang sangat baik adalah bagian dari kiriman dan lebih mudah bagi pemrogram baru untuk mempercepat selama fase pemeliharaan.
  • Model ini sangat terstruktur dan lebih mudah untuk mengukur kemajuan dengan mengacu pada pencapaian yang ditentukan dengan jelas.
  • Total biaya proyek dapat diperkirakan secara akurat setelah persyaratan ditentukan (melalui spesifikasi antarmuka fungsional dan pengguna).
  • Pengujian lebih mudah karena dapat dilakukan dengan mengacu pada skenario yang ditentukan dalam spesifikasi fungsional.

Kelemahan metode Waterfall

Sayangnya, selain keunggulan tentu saja ada kelemahan dalam metode ini. Berikut beberapa kelemahan dari metode Waterfall.

  • Klien akan sering mengalami kesulitan untuk menyatakan persyaratan mereka pada tingkat abstrak dari spesifikasi fungsional dan hanya akan menghargai sepenuhnya apa yang dibutuhkan saat aplikasi dikirimkan. Kemudian menjadi sangat sulit (dan mahal) untuk merekayasa ulang aplikasi.
  • Model tidak memenuhi kemungkinan perubahan persyaratan selama siklus pengembangan.
  • Sebuah proyek seringkali membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk disampaikan daripada ketika dikembangkan dengan metodologi berulang seperti metode pengembangan tangkas.

Demikian artikel singkat yang saya review berkaitan dengan model Waterfall. Semoga bermanfaat Sekian terimakasih.

Terjemahan bebas dari https://www.umsl.edu/~hugheyd/is6840/waterfall.html

Sumber dari Douglas Hughey yang dibimbing oleh Dr. Vicki Sauter

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>