Mengatasi AdSense Error: Earnings at Risk (ads.txt)

Mengatasi AdSense Error merupakan hal yang sangat krusial. Selain berhubungan dengan penghasilan, bisa berdampak pemblokiran.
408  
       

Jika anda baru membuka dashboard Adsense dan ternyata ada pesan pemberitahuan dibagian atasnya dengan berisikan Earnings at risk… ads.txt tentu saja membuat panik. Terlebih permasalahan AdSense ini sebetulnya sangatlah sensitif dan kritikal. Sedikit saja kita melanggar aturan sebagai publisher, pasti ban permanen sudah menanti didepan mata. Namun tenang saja, pesan pemberitahuan kali ini tidak akan berdampak apa-apa untuk sementara waktu dan iklan masih tetap tayang, tapi tetap harus dilakukan prosesnya.


Google AdSense Error Warning ads.txt

Kenapa harus ada pembaharuan ads.txt?

Pembaruan AdSense dengan menggunakan ads.txt merupakan salah satu terobosan baru dari Google dalam memverifikasi kepemilikan ID Publisher yang sah untuk setiap domain. Cara yang dibahas kali ini hanya untuk website yang tidak menggunakan engine blogger atau blogspot. Jadi, cara ini bisa dilakukan untuk WordPress, Joomla, dan website dengan custom engine lainnya.

Sedikit penjelasan dan apa arti dari ads.txt?

Sebelumnya kami mengira ads.txt itu adalah kependekan dari AdSense. Ternyata SALAH besar! Nama ADS ini ternyata berasal dari Authorized Digital Seller yang digunakan oleh Google untuk lebih memperketat penggunaan ID Publisher terhadap domain tertentu. Tidak heran kenapa Google semakin sensitif terhadap hal ini. Karena tidak sedikit 1 domain itu bisa terdiri dari banyak akun AdSense. Baik disengaja maupun tidak disengaja. Sebagai contoh, saya download file website tertentu gratis dari internet, tanpa sepengetahuan saya tiba-tiba muncul iklan dengan menggunakan ID Publisher-nya sipembuat website. Selama ini Fair Use mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah berujung pembajakan dan pelanggaran lainnya tentu saja ini sudah tidak bisa ditoleransi.

Langkah-langkah membuat ads.txt

Untuk menghilangkan pesan pemberitahuan tersebut, cukup kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka Google AdSense, kemudian login atau masuk untuk masuk ke dashboard.
    AdSense Homepage

    Tombol login ada disebelah kanan atas.
     
  2. Kemudian setelah login, perhatikan Address Bar yang ada di browser anda, di akhir url itu yang ada https://…new/u/0/pub-5281151685218961/home adalah ID Publisher anda. Jadi, tidak usah bingung mencarinya. ID Publisher ini akan digunakan untuk langkah selanjutnya.



     
  3. Setelah itu buka aplikasi teks editor. Aplikasinya bebas saja bisa menggunakan notepad jika pakai Windows, atau buka TextEdit jika pakai Mac, atau buka gEdit jika pakai Ubuntu, atau buka aplikasi teks editor lainnya yang lebih anda sukai.
     
  4. Setelah aplikasi teks editornya terbuka, cukup copy paste-kan saja kode dibawah ini.

    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
    

    Adapun format atau isi dari ads.txt ini berdasarkan pada format yang dikembangkan IAB Tech Labs. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa di download manual ADS.TXT berupa file PDF (Ukuran 213KB).
     

  5. Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Publisher anda yang telah didapatkan dicara yang kedua. Untuk sisanya biarkan saja seperti itu.



     
  6. Kemudian simpan file tersebut dengan nama ads.txt. Jangan mengganti nama filenya atau kapitalisasinya, cukup gunakan huruf kecil.

     

Selamat, ads.txt anda sudah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya adalah upload file ads.txt tersebut disetiap website yang telah anda pasang AdSense. Jika anda merasa kesulitan upload file-nya, bisa menghubungi CS hosting, atau teman yang bisa dipercaya, atau bisa menghubungi Team Somein untuk mendapatkan bantuan teknis lebih lanjut. Dan pastikan juga untuk mengecek hasilnya langsung melalui url namadomain/ads.txt. Contoh https://www.nyingspot.com/ads.txt, jika ada isinya dan sama seperti yang kita maksud berarti masalah sudah selesai.

Setelah setiap domain berhasil diupload dengan ads.txt, maka cukup tunggu saja proses verifikasi yang dilakukan oleh team adsense. Proses ini akan memakan waktu 1-2 hari tergantung banyaknya website yang kita miliki.

Demikian, semoga membantu. Salaam.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>